Datang Ke Pantai Duta Probolinggo, Risma Berjanji Tingkatkan Kemakmuran Masyarakat Nelayan

Zainul Rifan
Risma saat bersih di Pantai Duta (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur nomor urut tiga Tri Rismaharini menggelar kampanye di Pantai Duta, Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, pada Senin (7/10/2024) siang.

Pada kesempatan itu, Risma mengajak masyarakat menjaga kebersihan pantai dan berjanji akan membantu meningkatkan kemakmuran para nelayan.

Seperti penggunaan jaring jonggrang yang masih sering terjadi di area Pantai Randutatah. Mirisnya, jonggrang tersebut datang dari luar daerah Kabupaten Probolinggo.

Saat diwawancarai, Risma menjelaskan jika pada progamnya yang paling utama adalah ketahanan pangan, yakni memperkuat sektor pertanian dan nelayan untuk kesejahteraan masyarakat.

Pada sektor nelayan ini Risma berjanji akan menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di lapangan. Seperti halnya jaring jonggrang dan kebutuhan perahu yang layak bagi nelayan.

"Pantai itu sumber kehidupan, sama halnya dengan sawah, jadi harus dijaga. Karena kalau tidak dijaga kemudian ikan-ikannya mati, mau makan ikan apa," katanya.

Karena itu, jika di takdir menjadi Gubernur, Risma berjanji akan memberikan perahu atau kapal yang layak, lebih besar dan lebih canggih dari kapal sebelumnya. 

"Saya tidak akan banyak janji, tapi jika di takdir, mereka akan kami fasilitasi dengan kapal yang lebih besar dan peralatan yang lebih canggih," ujarnya.

Sementara, Zulmi Noor Hasani turut mendukung upaya Risma dalam meningkatkan kemakmuran masyarakat nelayan. Untuk mendukung itu pihaknya memiliki misi membuat sistem resi perikanan. 

Hal itu tentu harus didukung dengan adanya cold storage, yakni ruangan atau gudang yang dirancang khusus untuk menyimpan berbagai produk dengan suhu tertentu agar kesegarannya tetap terjaga.

"Jadi hasil tangkapnya bisa tunda jual, berikut pengolahannya. Jadi nelayan nanti bukan hanya bisa menjual ke juragan atau pabrik, tapi juga langsung ke konsumen," jelasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network