Jadi Harapan Warga, Pavingisasi Jalan Pelosok di Desa Pondok Wuluh Mulai Direalisasikan

Raphel Azizah
Jalan yang sudah di perbaiki (foto : iNewsProbolinggo.id/Raphel)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Program pavingisasi jalan pelosok di Desa Pondok Wuluh, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo ini mulai direalisasikan. Pembangunan ini difokuskan pada akses desa yang terisolasi, dengan harapan mampu meningkatkan Sumber Daya Masyarakat setempat.

Sekretaris Desa Pondok wuluh, Muhammad Yudi Wahono mengatakan, pembangunan fisik jalan desa ini sebagi wujud realisasi dari hasil musyawarah bersama di tahun 2023 lalu.

"Karena pembangunan desa yang lainnya sudah terealisasi di tahun 2023, kini di tahun 2024 ini, terutama untuk akses dusun yang terisolasi ya," terangnya, pada jumat (6/9/2024) siang.

Ia mengatakan, sebelum pavingisasi ini dilakukan, ada banyak dusun yang memiliki akses jalan hanya berupa jalan setapak saja. "Bahkan tidak bisa diakses oleh kendaraan roda tiga, saat musim penghujan, karena berlumpur dan sangat sempit," ungkapnya.

Selain itu, dampak dan manfaat pavingisasi ini untuk mempermudah warga sebagai akses ke pasar. Karena sebagian besar masyarakat setempat berkeseharian sebagai pedagang dan petani.

"Bahkan untuk pelebaran jalan ini sendiri, juga sebagian ada tanah pribadi milik warga yang dengan sukarela diberikan untuk jalan selebar 3 meter sepanjang 59 meter untuk paving, dan 86 meter untuk Tembok Penahan Tanah (TPT) ini," tuturnya.

Yudi berharap agar di tahun berikutnya, pembangunaan desa yang lainnya bisa segera direalisasikan. "Agar elektabilitas desa bisa terangkat, dan sumber daya masyarakat setempat bisa lebih meningkat," imbuhnya.

Widya Wulansari, sebagai warga setempat mengaku senang dengan adanya pembangunan jalan desa ini. "Karena dengan begini, dusun - dusun yang sebelumnya sulit dilalui, kini bisa diakses, bahkan sebelumnya kemdaraan roda tiga yang sebelumnya sulit, bahkan tidak bisa dilalui, sekarang sudah bisa," ucapnya.

Widya juga mengharap agar pembangunan jalan desa ini, bisa terselesaikan dengan merata. "Kalau bisa ya, dibangun sampe ke ujung - ujung jalan, agar tidak ada lagi dusun yang teeisolasi lagi," tandasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network