Bahas Mafia Pupuk, PJ Bupati Probolinggo Audiensi dengan LSM LIRA

Ide Nasution
Pj Bupati Probolinggo saat Audiensi dengan LSM Lira Kabupten Probolinggo ( foto : iNewsProbolinggo.id/Ide Nasution)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto menggelar audiensi dengan LSM LIRA Probolinggo terkait maraknya mafia pupuk subsidi, di kantor Pendopo Bupati di Jalan Ahmad Yani, kota Probolinggo. Jum at (9 /08/24).

Sebelumnya LSM LIRA Kabupaten Probolinggo melayangkan surat permohonan audiensi ke Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Probolinggo pada 2 agustus 2024 lalu.

Surat permohonan itu disambut baik oleh Pj Bupati Probolinggo dan mengucapkan trimakasih kepada LSM LIRA di saat penyampaian itu melalui audensi, diskusi. Di sini artinya kita perlu membangun sinergi bersama, tidak melalui pendapat umum di tempat terbuka. 

"Masalah pupuk  ini sudah cukup lama Pemerintah Daerah memberikan atensi, melakukan langkah - langkah yang sudah kita lakukan. Memang musiman di saat kita melakukan tindakan itu sudah mulai menurun harga - harga. Tapi di saat kita sudah mulai lengah itu naik lagi. 

Maka dengan audensi ini kita akan bersinergi dengan semuanya, dengan masukkan dari teman -teman LSM LIRA untuk kebaikan para petani, yang salah satunya dengan mulai ada tindakan konkret yang sesuai dengan tupoksi kita masing -masing di pemerintahan.

Kita akan perketat untuk masalah perijinannya, perketat untuk masalah sanksinya, perketat untuk masalah pendistribusiannya dan pendataannya," jelasnya.

Pj Bupati juga menambahkan ia mempunyai rencana 3 - 4 bulan lalu untuk mempermudah penyaluran pupuk bukan hanya melalui kios tapi juga  melalui Bumdes. Nah, ini segera dari Satgas pangan untuk mencari regulasinya. Karena sudah ada, mulai dibuka oleh Menteri Dalam negeri bisa dilakukan oleh Bumdes. 

Tapi saya berharap tidak menunggu terlalu lama untuk segera kita berinisiasi. Selama aturan -aturan itu tidak dilanggar artinya tidak ada main -main kongkalikong urusan dengan bumdesnya.

Kita akan perkuat dulu, karena pengawasannya juga berhubungan dengan kepala desa kita perlu sosialisasi, jangan sampai bumdes kita berdayakan masalah kios ini nanti pindah ke Bumdes kita perkuat dulu," pungkasnya.

Sementara Gubernur LSM LIRA Jatim Samsudin, mengatakan,  audiensi berjalan dengan baik seperti kita ketahui tadi kami cukup lama membahas tentang mafia pupuk ini bersama Pj Bupati beserta jajaranya.

"Dalam audiensi tadi  Pj Bupati Probolinggo juga menandatangani MOU untuk memberantas mafia pupuk di kabupaten Probolinggo dalam hal ini, mengatasi apa yang menjadi keluhan masyarakat kabupaten Probolinggo khususnya. 

Untuk LSM LIRA sendiri akan membentuk Satgas yang kemudian akan membuat posko - posko pengaduan khusus tentang pupuk. Jadi ketika ada aduan  pupuk dari masyarakat akan kami tampung aspirasinya dan kemudian kami sampaikan kepada yang berwenang dalam hal ini. 

Jika ada temuan pelanggaran - pelanggaran baik itu secara administrasi ataupun secara pidana agar diproses dengan benar ," ujarnya.

Terkait masalah rencana penyaluran pupuk nantinya bisa lewat Bumdes, selama itu baik dan tidak menetang aturan, kami akan  mendukung rencana itu untuk mempermudah para petani dalam memproleh pupuk serta harga yang sesuai aturan yang ada," imbuhnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network