Sempat Menjadi Polemik, Usaha Ternak Ayam di Probolinggo Ditutup Paksa

Zainul Rifan
Satpol PP saat menutup usaha ternak ayam yang dimaksud (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo menutup paksa usaha ternak ayam di Desa/Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, yang sebelumnya menimbulkan polemik dan penolakan dari masyarakat.

Penutupan kandang ayam tersebut dilakukan pada Rabu (29/5/2024) pagi, dengan menggunakan police line milik Satpol PP setempat.

Kabid Gakda pada Satpol PP Kabupaten Probolinggo Sumarto mengatakan, penutupan dilakukan berdasarkan perintah tugas dari Plh Bupati Probolinggo Heri Sulistyanto. Karena itu, jika pemilik keberatan maka segera datang untuk datang menemui Plh Bupati.

"Intinya selama izin belum lengkap maka tidak akan kami buka," katanya, 

Penutupan tersebut mendapat dukungan dari masyarakat, salah satunya Sumiati. Ia mengucapkan banyak terimakasih kepada Satpol PP Kabupaten Probolinggo yang telah berani menutup usaha kandang ayam itu.

"Karena ini sangat meresahkan masyarakat sekitar," tegasnya.

Sementara itu, pemilik usaha Fauzi mengaku keberatan atas penutupan tersebut. Menurutnya, penutupan yang dilakukan itu bersifat sewenang-wenang, tanpa adanya SK penutupan. 

"Saya akan bertemu dengan siapa yang menerbitkan SK, Harapannya saya diberikan ruang untuk usaha sebagaimana izin yang telah saya dapatkan," katanya.

Fauzi menjelaskan, sejatinya mayoritas masyarakat sudah setuju dengan berdirinya usaha ternak ayam tersebut. Dari total 38 warga yang rumahnya berdekatan dengan kandang, sudah ada 32 yang setuju.

"Dan syarat untuk mendaftar izin itu minimal 4 orang yang setuju, standarnya 10 orang, dan saya sudah mengajukan 22 orang," akunya.

Karena itu pihaknya merasa keberatan jika usaha yang mulai dirintisnya itu dilakukan penutupan.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network