KPU Tetapkan Perolehan Kursi DPRD Kabupaten Probolinggo, Berikut Empat Partai Dengan Kursi Terbanyak

Zainul Rifan
Pelaksanaan rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat pleno terbuka perolehan kursi parpol dan penetapan calon legislatif terpilih. Pada penetapan itu, empat partai akan menjadi pimpinan.

Pertama Partai Golongan Karya yang  mendapat kursi terbanyak yakni 10 kursi, disusul Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan perolehan masing-masing 9 kursi.

Serta Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dengan perolehan 8 kursi. Keempatnya akan mengisi kursi pimpinan mulai ketua hingga wakil ketua tiga. 

Selain empat partai diatas, ada sejumlah partai yang turut mengisi kursi anggota DPRD, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan perolehan 7 kursi

Kemudian Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan perolehan 7 kursi, serta terakhir Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebanyak 1 kursi.

Diketahui, Penetapan digelar di Gedung Bale Hinggil Kota Probolinggo, pada Kamis (2/5/2024) malam. Yang diikuti oleh Forkopimda, Bawaslu, dan sejumlah perwakilan partai politik (parpol) Kabupaten Probolinggo.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Ali Wafa mengatakan, pihaknya sudah melakukan pleno bersama parpol dan Bawaslu Kabupaten Probolinggo, sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2024. 

Dan pada rapat pleno tersebut berjalan lancar tanpa ada sanggahan atau keberatan dari salah satu parpol. Saat itu semua parpol menerima dan menyetujui, hingga akhirnya dapat ditetapkan secara sah.

"Tidak ada perbedaan antara perolehan dan penetapan kursi serta calon terpilih yang ditetapkan oleh KPU," katanya.

Sesuai tahapan yang ditentukan KPU RI, pihaknya akan segera bersurat kepada sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Probolinggo, untuk disampaikan kepada Pj Bupati Probolinggo.

Oleh Pj Bupati Probolinggo diteruskan kepada Pj Gubernur Jawa Timur, untuk kemudian dilakukan pelantikan terhadap para DPRD terpilih tersebut.

"Untuk partisipasi (pemilih, red) mencapai 87 persen, melebihi target nasional yang mencapai 77,6," ucapnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network