Keputusan Wasit VAR Thailand Picu Polemik di Semifinal Piala Asia U-23, Rugikan Timnas Indonesia

Zainul Rifan
Keputusan Wasit VAR Thailand Picu Polemik di Laga Semifinal Piala Asia U-23, Rugikan Timnas Indonesia U-23 (foto : iNewsProbolinggo.id/okezone)

DOHA, iNewsProbolinggo.id - Pertandingan sengit antara Timnas Indonesia U-23 dan Timnas Uzbekistan U-23 di semifinal Piala Asia U-23 2024 dipenuhi dengan ketegangan setelah sejumlah keputusan kontroversial oleh wasit VAR asal Thailand, Sivakorn Pu-udom, memicu perdebatan sengit.

Fokus utama tertuju pada keputusan kontroversial Pu-udom, termasuk pembatalan eksekusi tendangan bebas dekat kotak penalti yang diperoleh oleh Timnas Indonesia U-23 di babak pertama setelah konsultasi dengan wasit utama Shen Yinhao.

Partisipasi Pu-udom sebagai wasit VAR dalam laga ini menambah bara kontroversi, khususnya karena kontribusinya dalam kekalahan 0-2 yang diderita Timnas Indonesia U-23.

Pertama, Sivakorn Pu-udom memberi masukan untuk membatalkan eksekusi tendangan bebas di dekat kotak penalti yang didapatkan Timnas Indonesia U-23 di babak pertama. Saat itu, Sivakorn Pu-udom berdiskusi dengan wasit utama, Shen Yinhao, yang memimpin pertandingan.

Selanjutnya, Sivakorn Pu-udom juga berandil atas dianulirnya gol Muhammad Ferarri pada menit 61. Padahal, jika gol itu disahkan, Timnas Indonesia U-23 unggul 1-0 dan mental skuad asuhan Shin Tae-yong bakal lebih tinggi lagi.

Namun, setelah melihat VAR dan berdiskui dengan Sivakorn Pu-udom, wasit Shen Yinhao membatalkan gol Muhammad Ferarri karena sebelum Pemain Persija Jakarta itu mencetak gol, Ramadhan Sananta lebih dulu terjebak offside.

Terakhir atau tepatnya di menit 84, VAR juga yang akhirnya menghakimi kapten Timnas Indonesia U-23, Rizky Ridho, untuk terkena kartu merah.

Sebelumnya, Sivakorn juga mengesahkan gol kedua Irak yang kontroversial saat bertemu Timnas Indonesia di matchday pertama Grup D Piala Asia 2023. Saat itu sebelum Osama Rashid membobol gawang Ernando Ari di menit 45+7, ada salah satu Pemain Irak yang terjebak offside.

Meski wasit utama meminta bantuan Sivakorn yang bertugas sebagai petugas VAR untuk mengecek offside atau tidak, keputusan bulat diambil bahwa gol kedua Irak sah. Selain itu, Sivakorn juga memberikan kerugian kepada Timnas Indonesia U-23 di matchday pertma Grup A Piala Asia U-23 2024.

Berkat saran dari Sivakorn, wasit Nasrullo Kabirov menghadiahkan tendangan penalti kepada tuan rumah Qatar U-23 saat bersua Timnas Indonesia U-23. Padahal, sebelum memberi hadiah penalti, wasit utama Nasrullo Kabirov justu menganggap Pemain Qatar U-23 yang melakukan pelanggaran kepada kapten Timnas Indonesia U-23, Rizky Ridho

Akibat penalti tersebut, Timnas Indonesia U-23 tertinggal 0-1 dari Qatar U-23, hingga akhirnya tumbang 0-2. Beruntung, Timnas Indonesia U-23 masih bisa lolos ke Perempatfinal Piaal Asia U-23 2024 setelah menang atas Australia dan Yordania.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network