Gunung Semeru Banjir Lahar Dingin Sebabkan Sungai Regoyo Meluap Rendam Permukiran Warga

Binti Mufarida
Seorang anggota BNPB menggendong bocah di tengah banjir luapan Sungai Regoyo akibat banjir lahar dingin Gunung Semeru. Foto: BNPB

Selain itu, Jembatan Jurangmangu di Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko, juga mengalami kerusakan. Jalan Nasional Candipuro juga tergenang air akibat luapan lahar dingin.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Lumajang dan tim gabungan segera menuju lokasi tersebut untuk melakukan asesmen dan percepatan penanganan banjir lahar dingin.

"Dinas Kesehatan telah memberikan pelayanan kesehatan. BPBD Lumajang juga telah menurunkan satu unit perahu untuk mempercepat proses evakuasi. Hingga saat ini, tim gabungan masih berada di lokasi untuk melakukan pemantauan," tambahnya.

Abdul Muhari juga mengimbau kepada pemerintah daerah setempat untuk mengambil langkah-langkah penanganan dengan memperhatikan potensi curah hujan secara berkala. Selain itu, memberikan informasi secara rutin kepada masyarakat di sekitar DAS Regoyo agar dapat meminimalisir dampak apabila banjir lahar dingin terjadi lagi.


 

Editor : Sazili Mustofa

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network