Bahan Alami Pembersih Noda Pada Baju

Doniirawan/net_probolinggo
Sumber foto : Okezone

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Noda pada baju merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, noda yang membandel dapat membuat baju terlihat kusam dan tidak sedap dipandang. Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan noda pada baju:

1. Baking Soda

Baking soda adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan berbagai jenis noda, seperti noda kopi, teh, saus, dan minyak. Caranya, campurkan baking soda dengan air secukupnya hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada noda dan gosok perlahan. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air.

2. Cuka Putih

Cuka putih adalah bahan alami yang efektif untuk membersihkan noda keringat, deodorant, dan noda makanan. Caranya, campurkan cuka putih dengan air dengan perbandingan 1:1. Rendam baju yang terkena noda dalam larutan tersebut selama beberapa menit sebelum dicuci seperti biasa.

3. Air Lemon

Air lemon dapat digunakan untuk membersihkan noda karat, tinta, dan noda pada kain putih. Caranya, oleskan air lemon pada noda dan gosok perlahan. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air.

4. Garam

Garam dapat digunakan untuk membersihkan noda darah dan noda keringat. Caranya, taburkan garam pada noda dan gosok perlahan. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air.

5. Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring dapat digunakan untuk membersihkan noda minyak dan lemak. Caranya, oleskan sabun cuci piring pada noda dan gosok perlahan. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air.

Tips:

 Segera bersihkan noda saat Anda melihatnya. Semakin lama noda menempel pada baju, semakin sulit untuk dihilangkan.

Selalu uji bahan alami pada bagian kecil baju yang tersembunyi terlebih dahulu untuk memastikan bahan tersebut tidak merusak warna atau tekstur baju.

Gunakan air dingin untuk membersihkan noda. Air panas dapat membuat noda semakin menempel pada baju.

Jangan menggosok noda terlalu keras karena dapat merusak kain.

Penting untuk diingat:

Bahan alami umumnya aman digunakan untuk membersihkan noda pada baju. Namun, jika noda tidak dapat dihilangkan dengan bahan alami, Anda dapat menggunakan deterjen khusus penghilang noda.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network