Kembangkan Sektor Ekonomi, Pemdes Binor Launching Desa Berdaya 2023 Kampung Keranji Harmoni

ahmad didin
Launching Kafe Pantai Desa Binor oleh Kadis PMD Kabupaten Probolinggo (foto: iNewsProbolinggo.id/ Ahmad Didin)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pemerintah Desa (Pemdes) Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, melaunching Desa Berdaya 2023 Kampung Keranji Harmoni di Pantai Dewi Harmoni Pasar Minggu Desa setempat, Sabtu (11/11/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMP) Kabupaten Probolinggo, Fathur Rozi, Konsultan Desa Berdaya Provinsi Jawa Timur, Dimas Aditya Eka Wardana, Forkopimka Paiton dan CSR PT. POMI.

Launching Desa Berdaya 2023 tersebut, dibuka dengan penampilan Tari Glipang yang merupakan tarian khas Kabupaten Probolinggo, dan marching band dari siswa-siswi SD Desa setempat. Dilanjut dengan acara inti, yakni sambutan - sambutan dan pemotongan pita Peresmian Cafe Pantai oleh Kepala Dinas PMD didampingi seluruh undangan.

Kepala Desa Binor, Hostifawati, mengatakan launching Desa Berdaya Keranji Harmoni merupakan bantuan dari Pemprov Jawa Timur untuk desa mandiri sebesar Rp.100.000.000, untuk dikembagkan menjadi usaha yang akan dikelolah oleh BumDes. Dengan melibatkan karang taruna Desa Binor, agar juga dapat berpartispasi membangun desa.

"Kami memilih membangun kafe pantai ini, tidak hanya kafe Bohay saja, tapi kami membangun di Pasar Minggu Dewi Harmoni yakni Kafe Pantai Harmoni, agar juga ada kafenya yang lain dengan Bohay, disana menyediakan berbagai macam kopi dan minuman kekinian, seperti minum boba jadi pangsa pasarnya lebih ke kaum muda", ungkapnya.

Untuk selanjutnya, ia akan fokus mengembangkan Desa Binor di sektor wisata untuk pemberdayaan. Pasalnya pemberdayaan tersebut, masyarakat yang memiliki home industri bisa menjual hasil dari UMKM. Seperti ; makanan ringan, stik, dan macam - macam produk unggulan dari masing - masing RT.

"Nah disitu sudah ada tempat untuk memasarkan produknya, jadi saat mereka membuat sesuatu sudah tidak bingung lagi akan dijual kemana jika kita tidak mempersiapkan pasar dan tempat mejulanya", ungkap Kepala Desa Berkharismatik tersebut.

Ia berharap kedepannya, sebagai Kepala Desa bisa membawa Desa Binor lebih maju lagi dengan cara pemberdayaan sektor ekonomi masyarakat yang akan lebih digalakkan untuk tahun - tahun selanjutnya.

Sementara itu, Konsultan Desa Berdaya Provinsi Jawa Timur, Dimas Aditya Eka Wardana, mengatakan ada beberapa poin istimewa yang ditemukan di Desa Binor salah satunya kapabilitas SDM yang tidak hanya mampu dalam mengelolah bumdes tetapi juga sudah masuk dalam katagori mahir dalam bidangnya masing - masing.

"Juga potensi dari sinergisitas dengan mitra - mitra yang sangat mensuport untuk pengembangan BumDes Binor ini", ungkapnya.

Berdasarkan dari diskusi tim kerja Desa Binor, pengembangan Kafe Pantai itu sudah direncanakan berdasarkan dari sumber daya manusianya, potensi alam yang dimiliki, dengan modal yang cukup untuk membangun Kafe Pantai itu.

"Kami berharap program ini tidak hanya berhenti satu tahun ini saja tetapi ada keberlanjutan dari BumDesa teruma dari karang taruna yang mempunyai inisiatif dan inovasi lebih lanjut untuk mengevaluasi untuk dapat bersaing dengan usaha swasta yang lain", harapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo, Fathur Rozi, sangat mengapresiasi Desa Binor menjadi salah satu desa yang mendapatkan program desa berdaya, yang sudah memiliki kesiapan untuk menjadi desa berdaya.

"Ini artinya Desa Binor sudah memiliki indikator - indikator kemajuan karena Desa Binor ini termasuk salah satu dari 44 Desa mandiri bahkan desa mandirinya sudah didapatkan sejak tahun 2021 lalu", ucapnya.

Dengan adanya desa berdaya tersebut Desa Binor diharapkan sinergi yang sudah dibangun bisa lebih baik lagi baik dari segi sosial, pendidikan, kesehatan maupun lingkungan, lebih - lebih ekonominya bisa terus berkembang sesuai dengan tujuan program Desa Berdaya tersebut sehingga bisa dinikmati oleh semua masyarakat Desa Binor.

"Saya berharap desa mandiri yang lain dari 44 Desa menjadi Desa Berdaya, sekalipun ini menjadi program dari provinsi, tetapi kita punya atensi dan komitmen bersama untuk membangun desa yang ada di Kabupaten Probolinggo", pungkas Kadis PMD Kabupaten Probolinggo.

Kafe Pantai tersebut memiliki pemandangan yang sangat indah dan berada di bibir pantai membuat para pengunjung betah berlama - lama dengan menikmati varian minuman kekinian yang telah disediakan dan selalu buka setiap hari.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network