Kisah Heroik TNI Desak Mundur Tank Tempur Israel Merkava Mark IV Jauhi Perbatasan dengan Lebanon

Vitrianda Hilba Siregar
Prajurit TNI adang tank Israel dan mengibarkan bendera PBB untuk mencegah ketegangan di Lebanon. Foto: tni.mil.id

JAKARTA, iNewsProbolinggo.id - Prestasi Tentara Nasional Indonesia atau TNI ditingkat dunia kembali tercatat. TNI tergabung dalam Kontingen Garuda XXIII-M untuk United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) mampu menguasai keadaan dengan mendesak mundur tank tempur utama Israel, Merkava Mark IV dari perbatasan dengan Lebanon.

Sebelumnya, video penghadangan tank militer Israel oleh Kontingen Garuda XXIII-M ini terjadi pada Selasa  2 juni 2020 lalu. diunggah di akun Instagram militer Lebanon; @lebanese.army_. Dalam video tersebut, terlihat atribut warna merah putih di lengan pasukan tersebut.

Peristiwa ini berawal saat Kontingen Garuda Indobatt XXIII-N/UNIFIL berhasil mencegah pertempuran antara Israel Defence Force (IDF) dan Lebanon Armed Force (LAF) di perbatasan kedua negara yang merupakan Area of Responsibility (AoR) Indobatt, yaitu wilayah TP 35 dan TP 36 Kompi Alpha, pada Selasa, 2 Juni 2020.

 

Dikutip dari laman situs resmi TNI, Sabtu (4/11/2023), kejadian ini bermula dari indikasi adanya pertempuran yang akan terjadi antara kedua belah pihak. Terlihat tentara Lebanon bersenjata dengan roket-propelled grenade (RPG) atau senjata anti-tank menghadapi dua tank Merkava milik Israel di selatan kota Al Adaysseh, Lebanon Selatan.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network