Krisis Air Bersih, Dua Kecamatan di Probolinggo Digelontor Air Bersih

Zainul Rifan
Proses penyaluran air bersih oleh BPBD Kabupaten Probolinggo (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Krisis air bersih dampak musim kemarau, di Kabupaten Probolinggo semakin meluas. Merespon itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), melakukan pengiriman air bersih di dua kecamatan setempat.

Adalah Kecamatan Bantaran dan Kecamatan Tongas. Kedua kecamatan tersebut, merupakan kali pertama mendapat pasokan air bersih dari BPDB.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD, Kabupaten Probolinggo, Zubaidullah mengatakan, pengiriman air bersih sudah dilakukan beberapa hari yang lalu. Dengan menggunakan dua truck tangki air, berkapasitas 11 ribu liter.

Lokasi pertama di lakukan di Dusun Watuewuh, Desa Legundi dan Dusun Uter, Desa Gunung Tugel, Kecamatan Bantaran, yang dimanfaatkan oleh 219 KK atau sekitar 667 jiwa. Kemudian di Dusun Krajan Kulon, Desa Sumberkramat, Kecamatan Tongas.

"Air tersebut dimanfaatkan oleh sekitar 48 KK atau 145 Jiwa," katanya, Senin (14/8/2023)

Zubaidullah menjelaskan, kalau pengiriman air bersih di dua desa tersebut, dilakukan setelah pihak desa mengirimkan surat permohonan pemenuhan air bersih kepada BPBD. Kemudian surat tersebut ditindaklanjuti oleh petugas, dengan melakukan pengecekan di lapangan. 

"Setelah kami cek, memang membutuhkan pengiriman air bersih, maka pemenuhannya kami segera lakukan," ucapnya. 

Zubaidullah mengimbau masyarakat, untuk segera melapor jika mengalami krisis air bersih. Sehingga nantinya, dapat ditangani dengan baik. Baik dengan upaya menjaga sumber air yang tersedia, atau melalui pemenuhan dengan pengiriman air bersih.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network