Tak Perlu Pakai Pisau, Ini Cara Mudah Mengupas Kulit Jahe Pakai Sendok Makan

Sulistiyowati
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Sebagai rempah yang memiliki aroma khas, jahe kerap diandalkan sebagai bumbu masakan atau obat tradisional. Kandungan antioksidan dan sejumlah nutrisi yang ada pada jahe dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi flu, dan masalah kesehatan lainnya.
 
Selain aromanya yang khas, jahe juga memiliki bentuk berlekuk-lekuk dan rimpang yang tumbuh tak beraturan. Hal tersebut kemudian membuat jahe jadi lebih sulit dikupas. Terlebih, kulit jahe juga cukup tipis sehingga berpotensi membuat dagingnya ikut terbuang karena terkelupas.

Mengupas rempah-rempah seperti jahe, kunyit, atau kencur, terkadang bisa menjadi pekerjaan yang sulit dan penuh tantangan. Mengupasnya dengan teknik atau alat yang tidak tepat, justru menjadi pemborosan bumbu karena kemungkinan banyak daging rempah yang terangkat.

Pada dasarnya, kulit jahe memang tidak selalu harus dikupas. Jahe bisa langsung diiris ataupun digeprek kemudian digunakan untuk masakan atau minuman hangat.

Namun untuk menjaga kehigienisan atau kebersihannya, memang lebih baik jika kulitnya dikupas terlebih dahulu. Jika Anda termasuk yang kesulitan mengupas jahe dengan pisau, diungkap Chef Vindy Lee, solusinya adalah ternyata memakai sendok makan yang punya permukaan tidak terlalu tajam.

Dikutip dari laman Instagram Chef Vindy Lee, @vindylee, Rabu (5/7/2023) ada tips mudah untuk mengupas jahe dengan hanya menggunakan sendok.

“Solusi simpel adalah menggunakan sendok. Karena dia tidak tajam, dengan kulit jahe yang tipis apalagi jahe kecil. Cukup kita korek, daging semua. Simple way, tidak rugi,” jelasnya.

Berikut tiga langkah cara mengupas jahe dengan sendok ala Chef Vindy Lee;

1. Pegang jahe dengan satu tangan dan tangan satunya memegang sendok. Pastikan tidak menekan terlalu kencang, sehingga jahe tak patah.

2. Gosok ujung sendok ke arah jahe untuk mengelupas kulitnya. Lakukan sepanjang jahe yang yang ingin digunakan.

3. Selain dikupas menggunakan sendok, adapun cara mudah dan praktis lainnya untuk mengupas jahe, dengan cara dibekukan dalam lemari pendingin. Bersihkan jahe, kemudian bekukan di freezer. Dengan hal ini akan memperpanjang waktu penyimpanannya dan bikin kulit jahe lebih tegang, sehingga lebih memudahkan untuk dikupas.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network