Ini 6 Cara Memasak Daging agar Tidak Alot dan Enak Dikunyah

Sulistiyowati
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Mengolah daging memang tidak mudah karena teksturnya yang dikenal alot atau sulit dikunyah. Tapi sebenarnya ada beberapa trik tertentu yang bisa dilakukan agar daging tidak alot dan dapat dicerna. Ini sangat penting diperhatikan supaya hasil makanannya nanti terasa jauh lebih lezat karena tekstur daging mudah dikunyah.

6 Cara Memasak Daging Agar Tidak Alot, akan dipaparkan singkat dalam artikel ini, mengingat tips memasak seperti ini penting untuk diketahui.

Memasak daging memang penuh risiko, karena jika tidak paham atau salah cara memasaknya, maka daging baik itu sapi, domba, kambing, atau babi yang notabene harganya tidak murah bagi sebagian orang bisa jadi hidangan yang kurang lezat.

Bukan hanya tak enak secara rasa, tapi salah cara memasak juga bisa bikin daging jadi alot alias susah untuk dikunyah dan dinikmati. Tenang, mewarta dari berbagai sumber, Selasa (4/7/2023) berikut enam cara memasak daging agar tidak alot.

1. Masak cepat: Ini berlaku untuk potongan seperti ribeye, sirloin, strip steak, daging babi, dan tenderloin. Potongan ini tidak perlu lama atau menggunakan banyak teknik saat dimasak untuk membuatnya terasa enak. Cukup masak bagian luar daging dengan api besar, dengan wajan besi atau di atas panggangan.

2. Slow cook: Metode ini untuk memasak potongan daging bagian yang cenderung keras, contohnya potongan dari bahu dan punggung. Baik itu daging sapi, bahu babi, dan pantat babi akan terasa kering dan alot jika dimasak dalam waktu yang lama, harus dimasak setidaknya satu jam atau lebih.

Langkah pertama, goreng dulu baru kemudian direbus atau dimasak dalam slow cooker sebagai sup, atau rebusan. Proses memasak yang lambat membuat daging menjadi empuk.

3. Daging harus kering: Ini penting, karena air akan mencegah daging menjadi cukup panas saat menyentuh wajan. Pastikan sebelum dimasak, daging sudah keringkan dengan paper towel.

4. Bungkus dengan daun pepaya: Daun yang mudah ditemukan di mana-mana ini, mengandung enzim papain yang bisa bikin tekstur daging menjadi lebih empuk. Caranya gampang, cukup remas beberapa lembar daun pepaya muda hingga keluar getahnya. Setelah itu, gunakan daun yang telah direndam getahnya untuk membungkus daging hingga tiga jam.

5. Dimasak pakai buah: Selain pepaya, bisa juga memasak daging bersama nanas dan kiwi agar dagingnya empuk bukan alot. Buah-buahan ini mengandung enzim nabati yang bisa melarutkan jaringan ikat dan protein pada daging.

6. Dimemarkan: Menumbuk daging dengan palu adalah cara yang sangat efektif untuk melunakkan dan mengurangi kerusakan pada serat daging. Ingat, jangan berlebihan ketika menumbuknya karena bisa bikin daging malah jadi terlalu lembut.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network