Diwakili Desa Binor, Pemkab Probolinggo Masuk Tiga Besar Lomba PHBS-LBS Tingkat Jatim

Zainul Rifan
Peninjauan langsung oleh tim penilaian dari Jatim (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

"Kita bagi kategori kabupaten dan kota, karena karakteristik kota dan kabupaten itu beda. teritorial juga berbeda, kalau kota lebih sedikit, kabupaten luas. Sehingga teknis pembinaannya juga berbeda," terangnya. 

Rety menjelaskan, kalau ada 10 indikator penilaian dalam lomba tersebut. Diantaranya ; jumantik, rumah sehat, tidak merokok dalam rumah, persalinan tenaga medis dan cuci tangan bersih. Selain itu, ada penilaian terhadap pilar LBS, diantaranya :  pengolahan sampah, penggunaan air bersih, dan pemanfaatan air limbah.

"Kita cari yang terbaik, tujuannya untuk mengevaluasi hidup sehat, atau pengolahan sampah. Sehingga tercipta rumah tangga yang hidup bersih," katanya.

Disamping itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo, dr. Shodiq Tjahjono mengatakan, kalau Desa Binor terpilih untuk mewakili Pemkab melalui proses seleksi lomba PHBS-LBS tingkat kabupaten.

Dimana saat itu, Binor terpilih sebagai pemenang dalam lomba tersebut. Hingga akhirnya berhak untuk mengikuti lomba PHBS-LBS tingkat Jatim, mewakili Pemkab Probolinggo.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network