Antisipasi Kekeringan di Musim Kemarau, BPBD Probolinggo Siapkan 5 Mobil Tangki Air Bersih

Zainul Rifan
Pendistribusian air bersih pada 2022 lalu (iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id -
Memasuki pancaroba atau pergantian musim hujan ke musim kemarau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo menyiapkan 5 mobil tangki air bersih dan 15 tandon darurat, yang siap didistribusikan ke wilayah rawan kekeringan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo, Zubaidullah menerangkan, 5 unit mobil tersebut terdiri dari 3 unit berkapasitas 5 ribu liter air, dan 2 unit lainnya berkapasitas 6 ribu liter. Mobil-mobil itu, bertugas mengantarkan air bersih ke wilayah terdampak kekeringan.

Sementara 15 tandon darurat tersebut, berkapasitas 5 ribu liter. Tandon itu nantinya akan ditempatkan, pada lokasi kekeringan yang belum memiliki penampungan air yang layak. Selama air bersih masih diperlukan, petugas secara berkala akan mengisi tandon tersebut.

"Logistik sudah kami siapkan, ada juga jerigen tapi jumlahnya tidak banyak. Bisa dimanfaatkan oleh warga dengan melakukan mekanisme usulan. Namun demikian terlebih dahulu akan kami cek kebenarannya," ucapnya, Jum'at (19/5/2023).

Zubaidullah menjelaskan, kalau sejatinya mitigasi resiko bencana kekeringan, sudah dilakukan pihaknya sejak April 2023 lalu. Hanya saja pada bulan tersebut, masih terdapat hujan turun. Dengan begitu, ketersediaan air bersih masih cukup terpenuhi.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network