Ada 5 Penyebab Ekonomi China Bermasalah, Apa Saja?

Gianto

BEIJING, iNewsProbolinggo.id - Roda perekonomian China kini melambat. Kondisi ini karena beradaptasi dengan setrategi zero Covid, sehingga berdampak terhadap melemahnya permintaan global. 

Seperti target pertumbuhan ekonomi tahunan sebesar 5,5 persen yang diprediksi tidak akan tercapai. Bahkan diprediksi ekonomi tidak memproyeksi pertumbuhan ekonomi. 
Jadi apa sebenarnya yang menyebabkan ekonomi China dalam masalah? Berikut ini penyebab ekonomi China bermasalah, seperti dikutip dari BBC, Kamis (6/10/2022)

1. Zero Covid
Wabah Covid di beberapa kota, termasuk pusat manufaktur seperti Shenzhen dan Tianjin telah mengganggu aktivitas ekonomi di berbagai industri.
Warga irit untuk mengeluarkan untuk makanan dan minuman, ritel atau pariwisata, sehingga membuat industri ini dalam tekanan.

2. Respons pemerintah Beijing kurang
Beijing telah mengumumkan rencana menyiapkan 1 triliun yuan untuk membantu usaha kecil, infrastruktur, dan real estat pada Agustus lalu. Tetapi para pejabat sebenarnya bisa berbuat lebih banyak upaya untuk memicu pengeluaran demi memenuhi target pertumbuhan dan menciptakan lapangan kerja.

3. Krisis di pasar properti China
Lemahnya aktivitas real estate dan sentimen negatif di sektor perumahan memperlambat pertumbuhan. Kondisi ini telah memukul ekonomi dengan keras karena properti dan industri lain yang berkontribusi hingga sepertiga dari Produk Domestik Bruto (PDB) China.

4. Perubahan iklim memperburuk keadaan
Cuaca ekstrem mulai berdampak jangka panjang pada industri China. Gelombang panas yang parah, diikuti oleh kekeringan, melanda provinsi barat daya Sichuan dan kota Chongqing pada Agustus lalu.

5. Raksasa teknologi China kehilangan investor
Tindakan keras terhadap raksasa teknologi China,  yang telah berlangsung selama dua tahun berdampak buruk. Tencent dan Alibaba melaporkan penurunan pendapatan pertama mereka pada kuartal terakhir, di mana laba Tencent anjlok 50 persen, begitu juga dengan Alibaba yang turun setengahnya.

Sumber : https://www.inews.id/finance/bisnis/5-penyebab-ekonomi-china-bermasalah-nomor-1-karena-zero-covid/2

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network