get app
inews
Aa Read Next : Paslon Pilkada Probolinggo GH-RF dan ZR Mengaku Nomor Urut Yang Didapat Sesuai Harapan

Pj Bupati Ugas Wanti-wanti ASN Probolinggo Untuk Netral di Pilkada Serentak 2024

Selasa, 24 September 2024 | 17:13 WIB
header img
Pj Bupati Ugas saat memberikan sambutan di penetapan nomor urut paslon (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto mewanti-wanti Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat untuk bersikap netral di momentum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. Jika tidak netral, bakal diberi sanksi. 

Hal itu diungkap Pj Bupati Ugas usai menghadiri acara pengambilan nomor urut calon bupati dan wakil bupati Probolinggo, pada Selasa (24/9/2024).

Ugas menuturkan, jika saat ini sudah masuk tahap pengundian nomor urut, dan masing-masing calon sudah mendapatkan nomor urutnya. Karena itu perlu pasangan calon menyampaikan visi misinya tanpa memberikan suasana tidak damai.

Kemudian, untuk ASN, pihaknya sudah berulang kali mendeklarasikan agar terus bersikap netral di momentum pilkada ini. Selain memang sebagai bentuk profesionalitas. Sikap netral juga bermanfaat agar ketika terjadi permasalahan gampang mengatasi. 

"Kalau ada yang mendapati (ASN todak netral, red) bisa dilaporkan ke Bawaslu, ada Gakumdu kemudian kita laksanakan aturannya, yang pasti tegas lugas dan aman," katanya.

Sejatinya, lanjut Ugas, dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) memperbolehkan ASN menghadiri acara paslon namun tidak boleh masif. Hanya saja pihaknya ragu terkait kesiapan masyarakat Probolinggo yang tentu pendidikan politiknya tidak seperti di Jakarta.

"Kalau di Jakarta kota besae dan tingkat pendidikan politiknya lebih tinggi. Kalau Probolinggo kita mau jaga agar tidak terjadi fitnah atau suudzon," paparnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut