get app
inews
Aa Read Next : Isi Kekosongan Untuk Pelayanan, Pemdes Kedungsumur Lantik Dua Kasun

Hari Jadi Kabupaten Probolinggo ke-278 Berharap Menjadi Kabupaten yang Bersinar dan Teladan

Kamis, 18 April 2024 | 17:57 WIB
header img
Pj Bupati Probolinggo saat pimpin Upacara Hari jadi Kabupaten Probolinggo ke-278 (foto: iNewsProbolinggo.id/Ahmad Didin)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id – Peringatan Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke-278 tahun 2024 Pemerintah kabupaten (Pemkab) Probolinggo targetkan menjadi Kabupaten yang bersinar dan teladan. 

Hal tersebut diungkapkan Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto saat berindak sebagai Inspektur Upacara Hari Jadi Kabupaten Probolinggo ke-278 di Alun - alun Kota Kraksaan, Kamis (18/4/2024) pagi.

“Dari buku sejarah Ibnu Said 1973, sejarah singkat Kabupaten Probolinggo bermula dari zaman Kerajaan Majapahit yang bernama Banger. Kemudian berlanjut pada zaman Kerajaan Mataram yang mengangkat Kyai Djojolelono sebagai Bupati Banger oleh VOC,” katanya.

Setelah menjabat selama 22 tahun jelas Pj. Bupati Ugas, Kyai Djojolelono digantikan oleh Kyai Djojonegoro pada tahun 1770 dan menjadi cikal bakal berdirinya nama Probolinggo yang artinya sinar yang terang atau cahaya yang memancar.

“Semoga makna dari Probolinggo ini menjadi penyemangat bagi kita semua untuk mewujudkan kabupaten yang bersinar dan menjadi teladan bagi kabupaten lainnya,” jelasnya.

Peringatan Harjakapro ke-278 ini mengambil tema “Memantapkan Sinergi dan Kolaborasi dalam rangka Peningkatan Pembangunan Ekonomi Didukung Pemenuhan Infrastruktur Berkualitas, Merata dan Berwawasan Lingkungan”.

Kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimda, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo, tokoh agama dan tokoh masyarakat, organisasi profesi, organisasi pemuda serta Camat Kraksaan dan Lurah/Kepala Desa.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut