get app
inews
Aa Read Next : Desa Sogaan Gelar Selamatan Desa dan HUT RI Dengan Doa Bersama, Ini Tujuannya

Pemdes Gelar Doa dan Buka Bersama, Berharap Tidak Dilanda Banjir Kembali

Kamis, 04 April 2024 | 19:39 WIB
header img
Pelaksanaan doa dan buka bersama Desa Kedungdalem (foto : iNewsProbolinggo.id/roni)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pemerintah Desa Kedungdalem, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan doa dan buka bersama, Rabu (3/4/2024). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendoakan agar banjir rutinan tidak terjadi lagi desa setempat.

Kegiatan yang digelar di lapangan Contong, Desa Kedungdalem itu diikuti oleh 600 orang. Yang terdiri dari elemen aparatur desa, rt, rw, kader, TP PKK, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan sejumlah elemen masyarakat lainnya.

Kepala Desa Kedungdalem Sumartono mengatakan, jika desanya ini menjadi langganan banjir tiga tahunan, hanya saja paling parah terjadi pada 2024. Dimana pada banjir tersebut menyisakan banyak trauma di kalangan masyatakat.

Karena itu, pihaknya bersama warga  berinisiatif untuk melaksanakan doa bersama agar peristiwa serupa tidak terulang lagi. Alhasil, dipilihlah kegiatan yang dibarengi dengan buka bersama saat ramadhan.

"Harapan ke depan doa kita kobul hajat dan tidak terjadi banjir lagi," terangnya.

Menurutnya, banjir yang terjadi di Desa Kedungdalem ini disebabkan oleh curah hujan tinggi yang terjadi di dataran tinggi seperti di daerah Bantaran, Lumbang, atau Sukapura.  

"Jadi airnya turun melewati sungai dan meluap ke kami, jadi kami ini hanya muaranya," paparnya.

Disamping itu, salah seorang tokoh masyarakat Rahmat Zamroni mengucapkan syukur atas terlaksananya kegiatan tersebut. Ia juga berharap dengan doa bersama ini banjir yang sering terjadi sudah tidak bisa teratasi.

"Alhamdulilah, ini yang pertama kalinya,  harapannya juga pemerintah daerah, provinsi atau pusat bisa memperhatikan aliran sungai," ucapnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut