get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Satpol PP Kabupaten Probolinggo Tertibkan Puluhan Pedagang di Trotoar Pasar Semampir

Sabtu, 30 Maret 2024 | 16:57 WIB
header img
Proses penertiban oleh Satpol PP (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo mulai menertibkan pukuhan pedagang yang nekat berjualan di atas trotoar dan bahu jalan depan pasar Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Pada penertiban kali ini, Satpol PP dibantu Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Polsek Kraksaan, dan Koramil Kraksaan. Dimulai Jum'at (29/3/2024) serta akan dilakukan terus hingga betul-betul tertib. 

Kepala Satpol PP Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto mengatakan kegiatan tersebut merupakan hasil rapat koordinasi bersama tim Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka menciptakan kawasan Kota Kraksaan tertib dan asri.

"Ini sudah kita sosialisasikan 4 bulan yang lalu, hari ini kita fokus di Pasar Semampir," katanya, Sabtu (30/1/2024)

Menurutnya, penertiban pedagang di atas trotoar ini dilakukan agar dapat memfungsikan kembali trotoar sebagai tempat pejalan kaki, bukan tempat dagangan. Dan pedagang yang sudah ditertibkan, diarahkan untuk bisa berdagang di dalam pasar.

"Alhamdulillah untuk penertiban ini tidak ada kendala sama sekali. Sebab sebenarnya kita sudah sosialisasi secara inten sejak seminggu lalu," ucapnya.

Sugeng menambahkan, jika penertiban tidak hanya dilakukan di kawasan pasar semampir saja, namun juga di seluruh Kota Kraksaan. Selain trotoar, pihak Satpol PP juga berupaya merapikan jaringan listrik dan pohon-pohon besar yang menggangu.

"Jadi intinya bagaimana kita memfungsikan fasilitas umum untuk fungsi yang sebenarnya," tegas mantan Kepala Dinas Pariwisata itu.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut