get app
inews
Aa Read Next : Lestarikan Budaya, Pemdes Matekan Probolinggo Gelar Lomba Tarik Tambang Se-Kabupaten Probolinggo

Asah Kratifitas Warga, Pemdes Pakuniran Gelar Lomba Patrol Sahur

Senin, 25 Maret 2024 | 12:35 WIB
header img
Peserta Lomba Patrol sahur saat tampil diatas Podium (Foto: iNewsProbolinggo/Doni)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pemerintah Desa (Pemdes) Pakuniran, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo menggelar lomba patrol sahur untuk mengasah potensi warga dan para pemuda setempat, Minggu (24/3/2024) malam. 

Lomba patrol sahur tersebut bekerjasama dengan salah satu rokok dan diikuti oleh 8 peserta yang terdiri dari kalangan pemuda hingga orang tua. Musik patrol tersebut menggunakan alat - alat musik tradisional. 

Kepala Desa Pakuniran Ahmad Fauzi mengatakan lomba patrol tersebut dalam rangka mengisi kegiatan Bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Acara tersebut disajikan untuk kaum muslimin dan muslimat yang ada di Desa Pakuniran. 

"Dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi sajian sendiri untuk menambah kemeriahan di Bulan Ramadhan," jelasnya. 

Biasanya warga Pakuniran di Bulan Ramadhan mengisi kegiatan dengan safari Ramadhan, tadarus dan lain sebagainya. Namun di Bulan Ramadhan ini Pemerintah Desa memberikan sajian khusus kepada warga. 

"Dengan adanya lomba patrol ini bisa memberikan hiburan kepada warga kami supaya lebih semangat dalam menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan ini," ungkapnya. 

Ia menambahkan untuk pesertanya sendiri diikuti oleh 8 grup peserta yang terdiri dari beberapa dusun dan kelompok pemuda yang biasanya melakukan patrol setiap harinya menjelang sahur. 

"Kegiatan lomba patrol kali ini dilaksanakan bukan ditengah malam karena sekarang ini sifatnya dilombakan," imbuh Kades Pakuniran. 

Dikarenakan faktor alam yakni musim hujan maka kegiatan lomba patrol tersebut sedikit ada kendala. Awalnya kegiatan tersebut berencana akan dimulai pukul 15.00 WIB dengan bazar ramadhan sampai menjelang magrib dengan memberikan tempat untuk para UMKM. 

"Insha Allah tahun depan akan kami laksanakan kembali mudah - mudahan masyarakat dengan adanya kegiatan ini bisa mendukung sehingga tahun - tahun berikutnya bisa kami konsep agar lebih meriah lagi," tandanya. 

Ia berharap kepada masyarakat Desa Pakuniran dan para pemuda yang memiliki jiwa krasi untuk bisa terus mengembangkan dan ikut andil disetiap event. 

"Ayok kepada masyarakat Pakunira, generasi muda kita. Ayo siapkan pada tahun - tahun berikutnya untuk lebih semarak lagi dan lebih meriah lagi supaya kegiatan positif semacam ini bisa terus berlanjut," pungkas Kades Ahmad Fauzi.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut