get app
inews
Aa Read Next : Gudang Besi Tua Mayangan Kota Probolinggo Terbakar

Edukasi Cegah Kebakaran Sejak Dini, RA Hidmatul Hikam Besuk Ajak Puluhan Murid ke Kantor Damkar

Kamis, 25 Januari 2024 | 15:45 WIB
header img
Pemberian penjelasan kepada siswa-siswi RA (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Raudhatul Athfal (RA) Hidmatul Hikam, Desa Alassumur Lor, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo, mengajak puluhan muridnya mengunjung Damkar. Usaha itu dilakukan untuk memberikan edukasi pencegahan kebakaran sejak dini.

Puluhan siswa-siswi bersama wali murid dan guru RA itu datang ke Kantor Damkar Kabupaten Probolinggo pada Kamis (25/1/2024).

Guru pendamping RA Hidmatul Hikam, Amina menjelaskan, tujuan mengajak anak-anak didiknya ke kantor Damkar untuk mengenalkan salah satu profesi di masa depan. Kebetulan, kata Ami, tema pelajaran dua pekan lalu tentang mitigasi bencana, termasuk kebakaran.

"Apalagi saat ini banyak terjadi kebakaran. Jadi anak-anak bisa langsung lihat alat-alat apa saja yang digunakan apabila terjadi kebakaran," jelasnya.

Selain itu, kata Ami, anak-anak didiknya juga mendapatkan edukasi apa yang harus dilakukan apabila terjadi kebakaran.

"Intinya kita memberikan edukasi langsung kepada para siswa-siswi tentang kebakaran sejak dini," katanya. 

Sementara itu, Petugas Damkar Adi Susanto mengatakan, kalau pihaknya memberikan penjelasan seputar kebakaran. Utamanya pada penyebab atau pemicu terjadi kebakaran, seperti halnya dilarang bermain korek api dan dilarang memasang colokan listrik yang melebihi kapasitasnya.

"Itu semua dapat menimbulkan percikan api yang dapat menyebabkan kebakaran," ucapnya.

Selain pada murid, Damkar juga memberikan praktek memadamkan api kepada ibu-ibu yang mendampingi anaknya. Seperti halnya mematikan api yang disebabkan kebocoran gas, yakni dengan cara mematikan sumber api dengan kain basah

"Jadi ibu-ibu jangan panik. Ambil kain dan basahi, kemudian putar kenop pada regulator atau langsung tutup sumber apinya, maka akan padam," katanya.

Pada kesempatan itu, Adi juga menjelaskan apa saja tugas Damkar, serta memperlihatkan alat pelindung diri yang wajib dipakai petugas saat melakukan pemadaman.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut