get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Pemdes Betek Probolinggo Atasi Masalah Kebutuhan Air Bersih Bagi Warga

Selasa, 12 Desember 2023 | 05:11 WIB
header img
Camat Krucil (pinggir kiri) saat melakukan monev ditempat penyaluran air bersih (foto: iNewsProbolinggo.id/ Ahmad didin)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pemerintah Desa Betek, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo terus meningkatkan pelayanan kepada warganya, salah satunya pelayanan dalam kebutuhan air bersih untuk warga Desa setempat.

Dalam hal itu, Pemerintah Desa Betek memaksimalkan Dana Desa (DD) tahun 2023 untuk bisa menyediakan air bersih bagi warga. Desa Betek yang berada di dataran tinggi tepatnya berada di Lereng Gunung Argopuro membuat warga sulit untuk mendapatkan air bersih dengan cara membuat sumur atau mengebor.

Pemerintah Desa Betek dalam hal pelayanan mampu memfasilitasi hal tersebut dengan melaksanakan program pipanisasi untuk bisa memberikan air bersih kepada Warganya.

Tak hanya itu, Desa Betek memiliki tempat wisata Rest Area dengan keindahan alam yang sangat memukau, sehingga wisata tersebut bisa menjadi tempat yang sangat sangat recommended untuk tempat berlibur atau beristirahat.

Pemerintah Desa terus mengembangkan rest area tersebut dengan melakukan pembangunan - pembangunan sebagai fasilitas tempat tersebut diantaranya melakukan pembangunan tembok penahan tanah (TPT) dengan panjang 145 meter dan tinggi 1 meter serta penambahan toilet umum.

 

Camat Krucil, Febrya Ilham Hidayat saat melaksanakan monitoring dan evaluasi pembangunan dari Dana Desa di Desa Betek mengatakan saat ini Warga Betek sangat membutuhkan air bersih jadi, ia mengarahkan kepada Pemerintah Desa Betek untuk bisa mengatasi permasalahan tersebut.

"Saat ini di Blok Nangkaan, yang telah menerima saluran air bersih ini sudah ada 52 KK dan Alhamdulillah saat ini sudah ada empat dusun yang teratasi masalah air bersih. Mudah - mudahan nanti di 2024 semua dusun bisa mendapatkan air bersih dengan memanfaatkan dana desa ini bisa dirasakan oleh semua warga," ungkapnya.

Sedangkan, lanjut Camat Krucil, untuk penggunaan Dana Desa juga dilakukan untuk pengembangan wisata di Rest Area tersebut dikelola oleh Bumdes dengan harapan wisata tersebut bisa mengangkat perekonomian bagi masyarakat sekitar.

"Karena harapan kita, dengan banyaknya pengunjung, UMKM bisa bergerak sehingga nanti perekonomian itu bisa berjalan dengan baik karena potensi di Kecamatan Krucil ini banyak selain alamnya nanti kita akan lakukan bimtek untuk SDMnya sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan untuk para pemuda," pungkas Camat Krucil.

 

Senada sampaikan Kaur Umum Desa Betek, Suhermanto. Ia mengatakan untuk di Dusun Nangkaan bukan tidak ada air, namun kebutuhannya kurang. Karena itu pemerintah desa berusaha untuk bisa memenuhi kebutuhan air bersih tersebut dengan menggunakan sibel pompa air dengan kedalaman mencapai 700 meter.

"Alhamdulillah dalam waktu satu bulan sudah lancar dan sudah bisa dinikmati oleh warga dusun nangkaan ini dan ada berapa dusun lagi saat ini sedang dalam pengerjaan dan insha Allah masalah air nanti semua akan teratasi dan Alhamdulillah warga tidak perlu antri lagi seperti dulu", ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga Betek, Yudi Satro mengaku sangat berterimakasih kepada Pemerintah Desa Betek, karena telah memberikan aliran air bersih sehingga warga tidak kebingungan lagi dengan air bersih.

"Alhamdulillah sudah ada air bersih untuk warga blok nangkaan, terima kasih banyak", ungkapnya.

Air bersih tersebut ia gunakan setiap hari sebagai ibadah untuk wudhu dan keperluan sehari - hari.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut