get app
inews
Aa Read Next : TK Cahaya Hati Glagah Gelar Purna Siswa Dengan Sederhana, Ini Alasannya

Progam Lapor Kand4 Terima Ratusan Laporan, Didominasi Laporan Jalan Rusak

Selasa, 28 November 2023 | 17:01 WIB
header img
Jalan rusak menjadi laporan terbanyak di progam lapor kanda (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Progam lapor kanda yang diinisiasi oleh Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto tepah menerima sebanyak 129 laporan. Dari jumlah laporan tersebut didominasi laporan jalan rusak dan permintaan pembangunan jalan. 

Dari data Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) setempat. Laporan jalan rusak ada sebanyak 29 laporan. Disusul laporan pembangunan jalan sebanyak 10 laporan, hingga total ada 39 laporan mengenai jalan.

Dari 39 laporan itu, dapat diselesaikan sebanyak 36 laporan, dan 3 laporan sisanya masih menunggu anggaran 2024 mendatang. 

Selain jalan, ada pula laporan mengenai sengketa tanah, bantuan sosial, Pj Kades, kekeringan, tambang pasir, aliran PDAM, bangunan sekolah, izin lembaga pendidikan, penipuan online, traffic light, izin lembaga pendidikan, penebangan pohon, balap liar.

Bantuan sosial, pencemaran lingkungan, jembatan rusak, bau kandang ayam, penyelewengan dana desa, hak waris, pengelolaan wisata, sampah berserakan, dan masih banyak lagi aduan-aduan yang disampaikan di progam lapor kanda.

Dari total 129 laporan tersebut, sudah ada sebanyak 121 laporan yang berhasil ditangani, atau 93,80 persen selesai.

Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan, pada progam lapor kanda ini tersedia operator yang siap 24 jam memantau segala jenis pengaduan dari masyarakat. Kemudian operator tersebut, akan menanyakan identitas yang bersangkutan.

Tidak perlu takut, pertanyaan identitas itu hanya untuk memastikan, bahwa yang mengadukan adalah warga Kabupaten Probolinggo dan apa yang diadukan benar adanya. Dan identitas yang bersangkutan, akan dirahasiakan oleh operator.

"Setelah itu, operator akan mengirim ke group yang diisi pejabat Pemkab Probolinggo, untuk kemudian ditindaklanjuti," terangnya, Selasa (28/11/2023)

Ugas menjelaskan, jika dengan adanya lapor kanda di nomor 082131001001 ini, pihaknya dapat mengetahui permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Baik keluhan tentang infrastruktur, pendidikan, keagamaan, keamanan dan kesehatan.

"Masyarakat dipersilahkan untuk menyampaikan semua keluhannya terhadap pelayanan di Kabupaten Probolinggo," ucapnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut