get app
inews
Aa Read Next : Gelar Ujian Bahasa Mandarin, SMA Nurul Jadid Diserbu Puluhan Peserta Luar Daerah

Cegah ASN Berpolitik Praktis, Aliansi LSM Probolinggo Ingatkan Camat dan Lurah Rawan Jaga Netralitas

Selasa, 07 November 2023 | 09:14 WIB
header img
Ilustrasi acara sumpah jabatan ASN ( foto: iNewsProbolinggo/ Twitter)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Aliansi LSM Probolinggo mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) jelang Pemilihan Umum 2024, untuk tidak terlibat dalam politik praktis. Hal ini mencakup interaksi di media sosial, serta intervensi dan ajakan kepada masyarakat seperti membagikan materi kampanye dan gambar dari calon pemilu yang akan bertarung pada kontestasi politik tahun 2024.

Ketua Aliansi LSM anti korupsi, Agus, menyatakan tujuan pengawasan netralitas ASN baik di media sosial maupun secara langsung ke masyarakat, adalah untuk memastikan bahwa pemilu berlangsung dengan adil, bebas dari intervensi pihak yang seharusnya netral dalam pemerintahan.

Selanjutnya, Agus akan mendirikan posko pengaduan masyarakat terkait pemilu. Hal ini dilakukan dalam rangka membantu panitia pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Tujuan kita membuat posko adalah untuk membantu secara sukarela panitia pemilu baik Bawaslu maupun KPU, agar pesta demokrasi ini berjalan secara adil tanpa adanya intervensi dari pihak manapun. Selain itu, kita akan sering-sering turun langsung ke masyarakat di 5 kecamatan serta 29 kelurahan kota Probolinggo," ujar Agus.

Agus juga menekankan bahwa keberadaan ASN, terutama pada unsur lini kewilayahan seperti lurah dan camat, memiliki daya tarik khusus bagi bakal calon atau calon peserta pemilu. Hal ini perlu diingat dan digarisbawahi.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut