get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

15 Makanan Khas Probolinggo Yang Enak dan Lezat

Selasa, 19 September 2023 | 14:50 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Tahukah kamu, Probolinggo tidak hanya memiliki sejumlah destinasi wisata yang cantik, namun kota ini juga memiliki beberapa makanan khas yang patut untuk kamu coba saat berlibur di sana. Berikut ada lima belas makanan khas Probolinggo, Jawa Timur yang enak dan lezat.

Menurut situs jatim.bpk.go.id, Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur.

Sedangkan jika dilihat dari geografisnya, Kabupaten Probolinggo terletak di lereng pegunungan yang membujur dari Barat ke Timur, yaitu Gunung Semeru, Argopuro, Lamongan dan Tengger.

Berikut deretan makanan khas Probolinggo, Jawa Timur yang lezat dan wajib kamu coba.

1. Soto Kraksaan
Soto Kraksaan sebenarnya sama seperti soto biasa pada umumnya. Namun hanya memiliki sedikit perbedaan yaitu, soto kraksaan ini kuahnya terbuat dari santan dan ayam yang digunakan adalah ayam jantan.

2. Kepiting Olok
Nah, untuk kamu yang lagi berada di Probolinggo, wajib banget untuk mencicipi makanan khas yang satu ini.

Dinamakan kepiting olok, karena kepiting yang diolah adalah kepiting yang masih muda. Tak hanya itu saja, dalam sajian makanan kepiting olok tidak hanya kepiting saja, namun ada campuran seperti udang dan bumbu-bumbu yang memiliki rasa manis dan gurih.

3. Ketan Kratok
Ketan Kratok adalah makanan yang berbahan dari ketan dan juga kacang koto. Untuk penyajiannya biasanya ketan kratok ditaburi dengan parutan kelapa dan cairan gula merah.

Dengan begitu, makanan khas Probolinggo yang satu ini memiliki rasa gurih dari kelapa parut dan manis dari cairan gula merah.

4. Nasi Glepungan
Untuk kamu yang lagi diet, wajib mencoba nasi glepungan yang terbuat dari jagung khas Probolinggo jika kamu lagi berkunjung di sana.

Nasi glepungan biasanya disajikan dalam satu piring dengan beragam lauk pauk seperti ikan asin, tempe, tahu, sambal, dan lain-lain.

5. Nasi Jagung Merpati
Nasi jagung merpati hampir sama dengan nasi glempung. Nasi jagung memang merupakan makanan khasnya kota Probolinggo. Maka tak heran, jika kamu berkunjung ke sana pasti bakalan mudah untuk menemukan makanan pengganti nasi ini.

6. Nasi Campur Nyak Nyong
Nasi campur Nyak Nyong ini menjadi salah satu makanan khas Probolinggo yang cukup favorit dan banyak dicari oleh masyarakat Probolinggo.

Dalam makanan nasi campur Nyak Nyong dilengkapi dengan serundeng, mie, empal, dan dendeng yang kemudian disiram dengan kuah santan yang kental.

7. Sirup Pokak
Sirup pokak cocok banget untuk buah tangan atau oleh-oleh khas Probolinggo. Sirup pokak terbuat dari jahe dan gula merah. Untuk penyajiannya biasanya disajikan dengan air hangat.

8. Kripik Kentang
Kripik ketang merupakan camilan khas kota Probolinggo yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga yang ada di rumah. Untuk tekstur kripik kentang Probolinggo ini tentu sangat renyah dan berwarna putih susu.

9. Anggur Prabu Bestari
Anggur Prabu Bestari adalah adalah anggur andalan kota Probolinggo. Untuk membeli anggur ini, kamu bisa menemukan di pinggiran jalan kota Probolinggo. Anggur Prabu Bestari memiliki rasa yang manis, segar, harum, dan warnanya cerah sehingga sangat menarik.

10. Mangga Probolinggo
Selain buah anggur, Probolinggo juga dikenal dengan komoditas buah mangganya. Jenis mangga yang dikembangkan di Probolinggo yaitu mangga manalagi dan mangga arum manis yang memiliki rasa manis dan segar.

11. Prol Tape
Prol tape adalah makanan khas Probolinggo yang cocok untuk menemani kamu di perjalanan. Untuk rasanya, tentu prol tape memiliki rasa manis yang pas.

12. Rawon Nguling
Rawong Nguling adalah makanan yang sering dinikmati oleh pejabat dan artis saat berkunjung ke kota Probolinggo. Rawong nguling biasanya disajikan dengan toge segar dan daging yang empuk, serta kuah yang agak encer.

13. Kerupuk Cumi
Kerupuk cumi adalah camilan yang wajib kamu masukkan daftar oleh-oleh untuk keluarga dan teman yang ada di rumah saat kamu lagi berkunjung ke Probolinggo. Krupuk cumi khas Probolinggo ini dibuat dari cumi yang segar dan warna dari krupuk ini tentunya agak hitam.

14. Kerupuk Ikan Jenggelek
Pernahkah kamu mendengar kerupuk ikan jenggelek? Nah, jika belum pernah, jangan lupa nih untuk membeli camilan Probolinggo yang satu ini. Memiliki rasa yang gurih, kerupuk ikan jenggelek ini cocok banget untuk kamu jadikan lauk pauk saat kamu lagi makan.

15. Rengginang
Kamu semua pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Rengginang Probolinggo dengan rengginang yang ada di daerah lain tentu memiliki rasa yang tidak jauh berbeda karena terbuat dari bahan yang sama.

Itulah beberapa makanan khas Probolinggo, Jawa Timur yang wajib kamu coba! Dari banyaknya makanan dan camilan khas Probolinggo di atas, kamu sudah pernah mencoba makanan yang mana?

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut