get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

SMKN 1 Kraksaan Menjadi Sekolah Favorit di Kabupaten Probolinggo dengan Segudang Prestasi

Senin, 11 September 2023 | 09:57 WIB
header img
Siswa-siswi SMKN 1 Kraksaan dengan Dewan Guru, (Foto, iNewsProbolinggo.id/Didin)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, menjadi Sekolah favorit yang ada di Probolinggo. Banyak prestasi yang telah diraih baik akademik maupun non akademik, salah satunya prestasi dalam pencak silat.

SMKN 1 Kraksaan berhasil meraih medali emas, perunggu dan perak di ajang Event Pencak Silat Pasuruan Championship 1 yang digelar pada tanggal 25 - 27 Agustus 2023 lalu, dengan merjunkan 5 anak.

Tak hanya itu, pada ajang pertandingan tingkat nasional di Banyuwangi pada tahun 2018 lalu, Siswa SMKN 1 Kraksaan Juga berhasil meraih medali emas.

Pelatih Pencak Silat SMKN 1 Kraksaan, Khoirul Amin mengatakan, banyak prestasi yang telah diraih oleh siswa-siswi SMK Negeri 1 Kraksaan baik tingkat Kabupaten, Provinsi, maupun Tingkat Nasional.

"Dari lima anak yang kami kirimkan, Alhamdulillah empat anak berhasil meraih medali emas, perunggu dan perak pada ajang Pasuruan Championship 1", ungkapnya, Senin (11/09/2023.)

Masih banyak Prestasi lain yang telah diraih Siswa SMK Negeri 1 Kraksaan salah satunya di jurusan akuntansi, Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), dan jurusan Managemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB).

"Di ajang lomba akuntansi ini, siswa SMK Negeri 1 Kraksaan juga ikut dalam event nasional, itu anak - anak meraih medali emas", ungkapnya.

Banyak keunggulan yang dimiliki oleh SMK Negeri 1 Kraksaan, di antaranya memiliki bayak jurusan yang bisa menjadi pilihan bagi siswa dan siswi. Selain itu, juga memiliki kelas Industri yang telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan di antaranya : Alfamart Jember, Telkom, axioo dan banyak lainnya.

Siswa-siswi SMK Negeri 1 Kraksaan, dicetak untuk sudah siap bekerja dengan bekal dan pelajaran menggunakan kurikulum merdeka. Hal tersebut disampaikan Kepala SMK Negeri 1 Kraksaan, Drs. Ali Istihadi, M.T.

Ia menjelaskan, output dari SMK itu nantinya siap bekerja, jadi kurikulum dan skillnya juga harus sesuai dengan industri mulai dari class Telkom yang bekerjasama dengan Perusahaan Telkom.

"Alhamdulillah tahun kemarin kita juga menjadi sekolah pusat keunggulan SMK PK, sehingga kita mendapat bantuan peralatan khususnya di jurusan RPL yang kita ajukan yang berbasis game", ungkapnya.

SMK Negeri 1 Kraksaan, juga sering menghadirkan guru tamu, dan para siswa juga sering dikirim ke industri yang ada di Malang dan Surabaya untuk dilatih secara industri.

"Terutama di Malang, disana pusatnya teknologi komputer informatika. Untuk software itu, kita banyak ke Malang", ucapnya.

Untuk prestasi itu, lanjut Kepala SMKN 1 Kraksaan, banyak di extrakurikuler di antaranya : bola voli, basket, tari, hadrah dan kemarin 4 siswa juara Silat tingkat Nasional di Pasuruan.

"Kita mengirimkan enam siswa, Alhamdulillah empat siswa mendapat medali, yaitu dua medali emas, satu perak dan satu perunggu", tandas Kepala SMKN 1 Kraksaan tersebut.

Tak hanya itu, Siswa dan siswi SMK Negeri 1 Kraksaan, juga mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) sebanyak 6 siswa untuk mengikuti kejuaraan dayung, bola voli dan juga woodball.

"Alhamdulillah dari enam siswa ini, menjadi andalannya KONI Kabupaten Probolinggo dan kami sangat mensuport sekali kepada siswa - siswi yang mengikuti ajang bergengsi tersebut", ucap Drs. Ali Istihadi, M.T.

SMK Negeri 1 Kraksaan memiliki 33 extrakurikuler sebagai suport kepada siswa dan siswi, untuk bisa berprestasi tidak hanya di akademik saja, namun juga non akademik dengan mendatangkan pelatih yang berkompeten dibidangnya masing - masing.

"Karena saya berfikir, kesuksesan seseorang itu tidak hanya di akademik, non akademik itu sangat penting dan itu yang kita dorong semakin banyak anak - anak kegiatan positif akan mengurangi hal - hal negatif", katanya.

Ia berharap, kedepannya lulusan SMK Negeri 1 Kraksaan bisa eksis dunia kerja. Pasalnya tujuan dari sekolah, untuk mencetak dan bekerja sesuai dengan bidangnya. Juga berwirausaha dan juga bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan, yang lebih tinggi.

"Nah semua itu kita mengajak kepada teman - teman guru untuk siswa - siswi disini menganggap sebagai anak sendiri, dengan memberi pembelajaran yang baik terutama dibagian karakter dan skillnya", pungkasnya.

Sekadar informasi, SMK Negeri 1 Kraksaan memiliki banyak fasilitas penunjang. Di antaranya : perpustakaan online, perangkat audio visual, Musholla, Wifi, CCTV, studio dan peralatan musik, peralatan praktik lengkap, lab. komputer setiap jurusan, studio dan perangkat multimedia, bisnis center, kunjungan industri, lab. Viber optic class, lab. Metaverse, lab artificial intelegence (CCTV Jatim), dan green house.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut