get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Puluhan Taruna AAL Ikut Larung Sesaji Petik Laut di Kota Probolinggo

Selasa, 29 Agustus 2023 | 12:09 WIB
header img
Larung sesaji petik laut kota probolinggo ( Foton: InewProbolinggo.id /Ide Nasution)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Petik laut merupakan tradisi sejak lama dilakukan masyarakat Indonesia, utamanya bagi mereka yang berada di wilayah pesisir pantai atau masyarakat bermata pencaharian nelayan.

Dan Probolinggo, wilayah yang dekat dengan perairan laut. Petik laut menjadi tradisi, bagi mereka yang diwariskan dari generasi ke generasi. Upacara larung sesaji ke laut, sebagai bukti rasa syukur dengan hasil laut dan memohon keselamatan kepada Tuhan.

Salah satu masyarakat yang memegang tradisi ini, adalah warga Kelurahan Mayangan, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Mereka menggelar petik laut.

Tradisi yang dihadiri oleh ratusan nelayan itu menggambarkan kegotong royongan, mereka bersama-sama mengarak dan melayarkan sesaji petik laut ke tengah lautan. Sebuah ritual yang sarat dengan nilai-nilai spiritual dan sosial, menjadi bukti nyata kecintaan dan komitmen dalam melestarikan budaya lokal. 

Selain Kesenian budaya lokal yang ikut serta mengiringi arak-arakan sesaji petik laut, puluhan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Kal Kedet VIII-6 memukau mata masyarakat yang hadir. Dengan berseragam lengkap, mereka berbaur bersama masyarakat dalam acara larung sesaji petik laut.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut