get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Masyarakat Sentul Probolinggo, Kenang Jasa Pejuang Kemerdekaan lewat Lomba Berhadiah Kambing

Sabtu, 26 Agustus 2023 | 15:36 WIB
header img
Hadiah Kambing oleh Pemerintah Desa Sentul, (Fotio, iNewsProbolinggo.id /Didin)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Berbagai cara dilakukan, guna memeriahkan Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) HUT ke-78 RI. Seperti yang ada di Desa Sentul, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo.

Berbagai macam perlombaan digelar, untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia atau Agustusan. Di antaranya ; lomba voli, tarik tambang hingga karnaval yang melibatkan seluruh warga Sentul dan lembaga Pendidikan, yang ada di desa setempat.

Puluhan hadiah disiapkan Pemerintah Desa Sentul, mulai uang tunai hingga kambing yang diberikan kepada para pemenang. Tak hanya itu, pada malam penutupan, Jum'at (25/8/2023) malam, Pemerintah Desa Sentul juga menyiapkan banyak hadiah undian bagi warga setempat.

Mulai dari doorprise hingga undian utama, berupa mesin cuci dan kulkas. Warga yang hadir diberi kupon undian berhadiah yang diundi usai acara. Acara penutupan HUT ke-78 RI, di Desa Sentul juga dimeriakan oleh musik dangdut.

Acara tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Partai Golkar, Hasan Irsyad dan Wakil Ketua DPRD, Kabupaten Probolinggo, Oka Mahendra Jatikusuma.

Kepala Desa Sentul, Timbul Sujuatmoko mengatakan, kegiatan tersebut merupakan puncak dari acara PHBN HUT ke-78 RI, yang diselenggarakan setiap tahun di Desa Sentul untuk mengenang jasa -jasa para pejuang, yang telah memerdekakan Republik Indonesia.

"Bagaimana kita sebagai generasi muda sebagai warga Negara Indonesia, untuk mengenang jasa - jasa dari pendahulu kita yang dulu berjuang memerdekakan Republik Indonesia", ungkapnya.

Ia telah mempersiapkan hadiah bagi pemenang lomba dan doorprise bagi warga yang hadir, dengan diberikan kupon undian dan hadiah utama 3 kulkas dan mesin cuci.

"Untuk lomba karnaval dari juara satu hingga harapan tiga, kami siapkan hadiah berupa kambing dan untuk pemenang dari kostum hasil daur ulang barang bekas, kami berikan hadiah berupa uang tunai,"jelas Timbul.

Ia berharap dari kegiatan tersebut, bisa terjalin kekompakan bagi warga Desa Sentul. Pasalnya dengan adanya lomba - lomba tersebut, akan terjalin silaturahmi antar warga.

"Alhamdulillah, berhasil kita lakukan dan puncaknya pada malam hari ini. Kita mengadirkan masyarakat, agar juga mengikuti rangkaian - rangkaian acara dalam memperingati HUT Republik Indoneseia yang ke-78 tersebut", pungkasnya.

Wakil Ketua DPRD, Kabupaten Probolinggo, Oka Mahendra Jatikusuma juga ikut terlibat kemeriahan acara penutupan tersebut, dengan cara memberikan hadiah kepada warga Sentul bagi yang hafal Pancasila.

"Saya menghadiri acara PHBN di Desa Sentul ini, yang mana sebelumnya sudah ada rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Sentul. Salah satu yang paling meriah yaitu acara karnaval, yang diikuti setiap RT dan lembaga - lembaga", ungkap Oka.

Dalam acara puncak ini, lanjut Oka, yakni pemberian hadiah dan juga doorprise, yang merupakan langkah positif yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Sentul dalam rangka menjaga kekompakan dan kerukunan masyarakat Desa Sentul.

"Pesan kami kepada anak muda saat ini, kita sudah tidak ikut berperang, sudah tidak dijajah. Jadi anak muda saat ini, harus bisa menjadi penerus generasi bangsa dengan cara menyalurkan kegiatannya kepada hal - hal yang positif", pesannya.

Ia berharap, seluruh pembangunan - pembangunan baik infrastruktur maupun SDM nya semakin maju. Sehingga dengan kepemimpinan Kepala Desa Timbul Sujuatmoko nantinya, di akhir jabatan masyarakat Desa Sentul terbebas dari masalah infrastruktur yang tidak baik, dan terbebas dari masyarakat yang susah dalam mencari makan dan sebagainya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut