get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Warga Kota Probolinggo Tabuh Lesung di HUT ke-78 RI

Senin, 21 Agustus 2023 | 20:16 WIB
header img
Tabuh lesung warga Jrebeng Kulon, Kota Probolinggo ( foto, iNewsProbolinggo.id / Ide Nasution)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Beragam cara yang dilakukan masyarakat Kota Probolinggo, untuk merayakan HUT ke-78 RI. Mulai dari kegiatan lomba antar warga, hingga menggelar tasyakuran bersama.

Seperti yang dilakukan oleh warga Kelurahan Jrebeng Kulon, Kecamatan Kedopok atau tepatnya di jalan Musi RW 04 yang merayakan HUT Kemerdekaan RI. Mereka menggelar pembacaan sholawat diiringi tabuhan lesung, yang dibawakan ibu-ibu masyarakat sekitar.

"Gelaran acara hari kemerdekaan ini, kami isi dengan pembacaan doa, serta sholawat yang diiringi tabuhan lesung. Tabuhan lesung ini, merupakan musik tradisional turun temurun, dulunya sering dibawakan saat acara keagamaan dan adat," terang  Buati Ketua RW 04, Senin (21/08/2023).

Adanya kelompok penabuh lesung yang didominasi emak-emak itu, berawal dari kesadaran masyarakat yang ingin melestarikan warisan budaya 

"Kita inisiatif sendiri, membentuk kelompok penabuh lesung ini. Untuk bahan, kita cari kayu kemudian dibentuk seperti lesung. Untuk latihan ada hari tertentu, mengingat emak-emak disini kan punya kesibukan juga, Alhamdulillah kelompok ini solid. Harapan kedepan, anak-anak muda disini bisa meneruskan nanti, biar nggak hilang budaya ini," imbuhnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut