get app
inews
Aa Read Next : Banyak Yang Belum Tahu, Inilah Beberapa Manfaat Rebusan Daun Alpukat untuk Kesehatan

Bantu Atasi Sembelit, Ternyata Ini 5 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan

Sabtu, 05 Agustus 2023 | 10:44 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Air putih sangat penting untuk kesehatan. Terlebih untuk mereka yang sedang beraktifitas terutama di luar ruangan. Selain itu, minum air putih juga dianjurkan karena memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Seperti yang telah banyak orang ketahui, lebih dari 70 persen atau sebagian besar dari tubuh manusia ini terdiri dari air. 

Diketahui, seseorang yang kekurangan air harian dalam tubuh, menyebabkan terganggunya keseimbangan tingkat energi dan fungsi otak. Sehingga penting sekali untuk minum cukup air putih dan memberikan berbagai manfaat bagi tubuh.

Dibawah ini adalah lima manfaat kesehatan yang telah terbukti oleh sains dengan minum cukup air putih, dilansir dari Healthline.

Membantu memaksimalkan kinerja fisik

Tahukah kamu, tubuh yang tidak terhidrasi dengan cukup baik, dapat menyebabkan penurunan kualitas kinerja fisik seseorang. Tentunya, hal ini penting selama latihan intensif atau cuaca panas yang tinggi.

Dampak dehidrasi ternyata dapat memiliki efek yang nyata jika seseorang kehilangan sedikitnya 2 persen dari kandungan air tubuh Anda. Tak jarang atlet kehilangan sebanyak 6–10 persen dari berat airnya melalui keringat.

Tentunya, hal ini dapat menyebabkan perubahan kontrol suhu tubuh, penurunan motivasi, dan peningkatan kelelahan. Kondisi ini juga bisa membuat olahraga terasa jauh lebih sulit, baik secara fisik maupun mental.

Sedangkan hidrasi yang optimal telah terbukti mencegah hal di atas terjadi, bahkan dapat mengurangi stres oksidatif yang terjadi selama latihan intensitas tinggi. Hal ini tidak mengherankan jika Anda menganggap bahwa otot terdiri dari sekitar 80 persen air.

Mempengaruhi tingkat energi dan fungsi otak

Seperti diketahui, studi menunjukkan bahwa dehidrasi ringan sekalipun, seperti kehilangan 1–3 persen berat badan, dapat merusak banyak fungsi otak. Dalam sebuah penelitian pada wanita dan pria muda, para peneliti menemukan bahwa kehilangan cairan sebesar 1,4 persen setelah berolahraga dapat mengganggu suasana hati dan konsentrasi.

Tentu hal tersebut juga meningkatkan frekuensi sakit kepala. Sedangkan kehilangan cairan sebesar 1,6 persen, bisa merusak memori kerja dan meningkatkan perasaan cemas dan kelelahan.

Adapula banyak penelitian lain yang melibatkan anak-anak hingga orang dewasa, telah menunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat merusak suasana hati, ingatan, dan kinerja otak.

Membantu meredakan sembelit

Susah buang air besar atau sembelit merupakan masalah umum yang ditandai dengan jarang buang air besar dan kesulitan buang air besar. Konsumsi air yang rendah menjadi salah satu faktor risiko terjadinya sembelit baik di kalangan usia muda ataupun lebih tua.

Maka sangat dianjurkan untuk rutin minum. Karena dengan minum cukup air sesuai kebutuhan tubuh dapat membantu mengurangi sembelit. Terutama air mineral, yaitu minuman yang sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami sembelit.Penelitian telah menunjukkan bahwa air mineral yang kaya akan magnesium dan natrium meningkatkan frekuensi dan konsistensi buang air besar pada penderita sembelit.

Membantu mengobati batu ginjal

Batu ginjal atau batu saluran kemih adalah gumpalan kristal mineral yang menyakitkan yang terbentuk di sistem saluran kemih. Bentuk yang paling umum adalah batu ginjal, yang terbentuk di dalam ginjal. Terdapat penelitian bahwa asupan air dapat membantu mencegah kekambuhan pada orang yang sebelumnya menderita batu ginjal. 

Asupan cairan yang lebih tinggi meningkatkan volume urin yang melewati ginjal. Cairan tersebut mengencerkan konsentrasi mineral, sehingga kecil kemungkinannya untuk mengkristal dan membentuk gumpalan. Air juga dapat membantu mencegah pembentukan awal batu, tetapi penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan hal ini.

Membantu mencegah mabuk

Terakhir yaitu dapat membantu mencegah mabuk. Alkohol bersifat diuretik, sehingga membuat Anda kehilangan lebih banyak air daripada yang dikonsumsi. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi. Meskipun dehidrasi bukanlah penyebab utama mabuk, dehidrasi dapat menyebabkan gejala seperti haus, lelah, sakit kepala, dan mulut kering.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut