get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Petik Laut Desa Kalibuntu, Gus Haris: Ini Kearifan Lokal yang Perlu Dilestarikan

Rabu, 02 Agustus 2023 | 17:01 WIB
header img
Gus Haris (kiri) saat menyapa Khofifah di acara petik laut (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Acara petik laut di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo dihadiri sejumlah pejabat, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Salah satunya KH. dr. Muhammad Haris Damanhuri Romli, salah satu pengasuh Ponpes Zainul Hasan Genggong.

Gus Haris mengatakan, kalau kegiatan petik laut itu merupakan budaya yang sudah turun temurun dilakukan dan menjadi kearifan lokal. Petik laut tersebut merupakan bentuk ungkapan rasa syukur terhadap alam yang menjadi ladang penghasilan utama bagi warga sekitar.

Utamanya bagi warga Kalibuntu yang memang mata pencahariannya mayoritas di laut. Karena sebagian besar warganya bekerja nelayan.

"Ini perlu di lestarikan. Karena ini adalah sebuah bentuk syukur kita yang telah mendapatkan rezeki dari laut sebagai salah satu mata pencaharian masyarakat pesisir," terangnya, Rabu (2/8/2023)

Dengan adanya petik laut ini, lanjut Gus Haris, diharapkan masyarakat Desa Mendapat keberkahan dengan penghasilan laut yang melimpah. 

"Acara ini tidak hanya petik laut, juga ada acara sholawat dan istighosah, tentunya dengan harapan kedepannya bisa mendapatkan hasil alam lebih baik lagi," ucapnya. 

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut