get app
inews
Aa Read Next : Warga Matekan Probolinggo Selamatan Desa Agar Makmur dan Dijauhkan dari Balak Musibah

Kenang Perjuangan Umat Islam, Desa Bago Gelar Pawai Obor di Bulan Muharram

Kamis, 27 Juli 2023 | 05:16 WIB
header img
Ratusan masyarakat saat menggelar pawai obor (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)


PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Dalam rangka mengenang perjuangan umat islam di zaman Nabi Muhammad SAW. Pemerintah Desa Bago, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo, menggelar pawai obor, pada acara puncak peringatan tahun baru islam 1445 hijriah.

Pada kegiatan yang digelar Rabu (26/7/2023) malam itu, ratusan peserta obor berjalan sejauh 1 kilometer mulai dari pasar terpadu, menuju lapangan desa setempat.

Selain pawai obor, Pemdes juga menggelar santunan anak yatim dan sholawat bersama Majlis Istighosah Nurul Maghfiroh. Ribuan masyarakat mulai dari kalangan anak-anak hingga orang tua, antusias mengikuti rangkaian acara.

Kepala Desa Bago, Nawawi mengatakan, kalau kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, sembari mengingat kepada tahun baru kalender islam. Dengan harapan, dapat membawa kebaikan bagi masyarakat Desa Bago.

"Juga bisa membawa kebaikan dari tahun ke tahun. Desa Bago dan masyarakatnya, terus lebih baik," terangnya.

Nawawi menuturkan, kalau kegiatan tersebut rutin dilaksanakan oleh panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Desa Bago. Tak hanya kegiatan Muharram, kegiatan lainnya, turut diselenggarakan oleh panitia.

"Jadi semua kegiatan agama yang ada di desa itu, sudah kami pasrahkan ke PHBI tersebut," katanya.

Senada diutarakan, oleh Ketua Panitia Kegiatan H. Sukarwi. Saat ditemui di sela-sela acara, Sukarwi mengaku kalau kegiatan tersebut, merupakan rangkaian dari peringatan tahun baru hijriah.

Dan tujuan, kegiatan obor santunan dan istighosah, guna menarik simpati masyarakat. Banyak masyarakat, meminta kegiatan dilakukan meriah dan bermanfaat.

"Selain kegiatan 1 Muharram, pada PHBI lainnya, seperti isra' mi'raj dan maulid nabi kami adakan," ucapnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut