get app
inews
Aa Read Next : Manfaat Minyak Lintah bagi Pria

Ini 6 Tips Jitu agar Pasangan Tidak Mudah Cemburu

Jum'at, 07 Juli 2023 | 11:35 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Memiliki rasa cemburu terhadap pasangan merupakan hal wajar. Sifat dan sikap tersebut bisa menjadi bentuk rasa sayangmu kepada pasangan.

Namun, itu akan menjadi kurang baik jika terlalu berlebihan. Anda harus segera menghilangkannya jika mulai merasa memiliki kecemburuan yang menjurus berlebihan.

Cemburu merupakan emosi yang kompleks hingga menimbbulkan rasa curiga, marah, takut, dan tak aman akan hubungan yang dimilikinya dengan seseorang.

Untuk mengatasi kecemburuan dengan lebih baik, mungkin perlu untuk mengidentifikasi penyebabnya dan mengungkapkan kekhawatiran Anda. Kecemburuan kerap memiliki reputasi buruk. Sehingga penting untuk mengatasai kecemburuan dan memeriksa apa yang menjadi akar dari inti perasaan Anda.

Berikut adalah beberapa cara agar tak gampang cemburu dikutip dari Healthline, Kamis (6/7/2023).

1. Pahami Inti Permasalahan

Coba tanyakan kembali pada diri sendiri apa yang menjadi akar atas rasa cemburu itu. Kemudian ambil langkah untuk mengubah apa yang tidak kamu sukai, untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

2. Bicaralah dengan teman yang dipercaya

Kecemburuan terkadang bisa memberi Anda perasaan yang sedikit menyimpang dari kenyataan.

Dengan menceritakan perasaanmu kepada teman terdekat, dapat membuat situasinya tidak terlalu mencemaskan dan membantu mendapatkan perspektif lain.

3. Coba Hadapi Kecemburuan secara Positif

Kecemburuan bisa menjadi emosi yang kompleks dan kuat, kamu mungkin merasa tidak enak saat menghadapinya. Namun alih-alih menganggapnya sebagai sesuatu yang negatif, cobalah melihatnya sebagai sumber informasi yang bermanfaat serta mengelolanya untuk mencari tahu pemenuhan kebutuhan Anda.

Menurut Swenson, kecemburuan memberi tahu ada perbedaan antara apa yang Anda miliki dan apa yang Anda inginkan. Kecemburuan yang tidak terkendali dapat berubah menjadi menyalahkan diri sendiri dan menciptakan siklus yang membuat kamu merasa kekurangan.

4. Berlatih untuk Bersyukur atas Apa yang Dimiliki

Sedikit rasa terima kasih bisa sangat bermanfaat. Hal itu tidak hanya bisa mengurangi perasaan cemburu, tetapi juga menghilangkan stres.

Anda mungkin tidak memiliki semua yang Anda inginkan. Tetapi kamu mungkin memiliki setidaknya sebagian dari apa yang kamu inginkan. Mungkin Anda bahkan memiliki beberapa hal baik dalam hidup yang tidak diduga.

Menghargai hal-hal positif dalam hidup, yang tidak berhubungan dengan kecemburuan dapat membantu untuk menyadari bahwa, meskipun hidupmu mungkin tidak sempurna, masih ada beberapa hal baik yang didapatkan.

5. Latih teknik coping

Mengatasi kecemburuan ketika rasa cemburu itu muncul tidak akan membantu mengatasi penyebab yang mendasarinya. Tapi bisa membantu menjaga kesulitan sampai kamu bisa mengatasi masalah yang mendasarinya.

Untuk mengalihkan perhatian Anda dari kecemburuan dapat membantu mencegahmu bertindak berdasarkan perasaan yang berpotensi merusak hubungan atau persahabatan. Cobalah strategi berikut ini untuk mengalihkan diri dari pikiran cemburu sebelum menjadi berlebihan:

- Tuliskan apa yang dirasakan

- Jalan-jalan

- Beri diri ruang dengan meninggalkan situasi tersebut.

- Luangkan waktu 10 menit untuk melakukan sesuatu yang menenangkan.

6. Ingat Betapa Berharganya Dirimu

Ketika kecemburuan mendorongmu untuk membandingkan diri Anda dengan orang lain, harga diri Anda bisa terluka. Bagaimanapun juga hidup yang kamu miliki mungkin juga membuat iri orang lain.

Penelitian yang mengeksplorasi kemungkinan hubungan antara kecemburuan dan harga diri menemukan bukti yang menunjukkan bahwa kecemburuan dapat berkembang saat Anda menghadapi ancaman terhadap harga diri Anda.

Untuk memerangi perasaan tersebut, cobalah untuk : 

- Ingatkan dirimu tentang hal-hal yang kamu lakukan dengan baik.

- Latih belas kasih diri (dengan kata lain, perlakukan dirimu seperti kamu memperlakukan teman dekat).

- Latih dan beri afirmasi harian untuk dirimu

- Ingatkan dirimu tentang hal-hal yang kamu hargai dalam pasangan dan hubungan Anda.

- Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut