get app
inews
Aa Read Next : Sirup Pokak, Minuman Khas Probolinggo yang Menyegarkan

Cuaca Lagi Panas, Yuk Cobain Resep Es Teh Segar Buah Lontar

Kamis, 25 Mei 2023 | 14:30 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Lontar memiliki nama latin Borassus flabellifer dan banyak tumbuh di negara Asia Selatan dan Tenggara. Di Indonesia, buah lontar tumbuh subur pada bagian timur Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Buah lontar sering dijual oleh pedagang keliling. Masyarakat umumnya mengonsumsi lontar dengan memakan daging biji buahnya yang berbentuk mirip dengan kolang-kaling.

Resep Es Teh Segar Buah Lontar, akan dibahas singkat dalam artikel ini agar Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Mengingat cuaca belakangan ini yang sangat terik, panas, dan kering, menengguk segelas es teh segar buah lontar bisa jadi pilihan pas untuk menyegarkan tenggorokan kering alias menyegarkan dahaga.

Selain segar, buah lontar sendiri diketahui sarat vitamin C dan nutrisi penting seperti serat dan aktioksidan. Bagi Anda yang penasaran ingin mencobanya, yuk intip uraian resepnya di bawah ini, dilansir dari akun laman Instagram @sajiansedap, Rabu (23/5/2023).

Bahan-bahan:

 

50 gram teh tubruk

400 ml air

500 gr es batu

Bahan sirup

300 gram gula pasir

300 ml air

3 lembar daun pandan atau pasta vanila

Buah lontar, secukupnya sesuai selera

Cara membuat;

 

1. Pertama-tama, rebus air 400 ml sampai mendidih. Lalu, masukkan teh tubruk. Masak hingga lima menit dengan api kecil. Dinginkan;

2. Selanjutnya buat bahan sirup, didihkan air kemudian tambahkan gula pasir dan daun pandan. Baru kemudian, saring teh dan masukkan es batu ke dalam gelas;

3. Terakhir, tuang sirup gula kurang lebih 50 ml, lalu tuang larutan teh dan buah lontar. Pastikan jumlah es batu dan larutan teh sama agar tak mengubah rasa ya!

4. Es teh buah lontar yang segar siap dinikmati.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut