get app
inews
Aa Read Next : Inilah Bahaya Sering Menahan Pipis, Salah Satu Risikonya Kena Batu Ginjal!

Gigi Kamu Berlubang ?? Waspada Timbulnya 5 Penyakit Ini !!

Kamis, 11 Mei 2023 | 22:28 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Masih banyak orang yang masih memandang remeh masalah gigi dan malas merawat gigi. Meski diketahui bahwa gigi berlubang dapat menyebabkan sakit gigi, orang umumnya hanya memandangnya sebagai masalah kecil yang suatu saat akan hilang  dengan sendirinya. Padahal, gigi kotor dan tidak terawat adalah salah satu penyebab paling umum gigi berlubang.

Meski belum banyak disadari, efek gigi berlubang ternyata bisa lebih dari sekedar sakit gigi berkepanjangan. Gigi berlubang juga berpotensi menyebabkan masalah kesehatan lain. 

Anda perlu tahu 5 penyakit yang timbul karena gigi berlubang. Hal itu merupakan masalah yang sering terjadi pada individu.

Keadaan semakin parah jika gigi berlubang tidak mendapat penanganan tepat. Kerusakan gigi akibat gigi berlubang dapat menyebabkan masalah kesehatan mulut lainnya. Untuk itu lebih baik mengantisipasi sebelum kerusakan gigi semakin parah.

Berikut 5 penyakit yang timbul karena gigiberlubang dilansir NHS:

1. Penyakit Gusi (Periodontitis)

Gigi berlubang tidak segera mendapatkan pengobatan akan bakteri menyebar dari gigi ke gusi. Jika masalah ini terjadi maka akan menyebabkan gusi meradang dan iritasi. Umumnya masalah juga juga dikenal dengan gingivitis.

Sementara, gusi penderita periodontitis berwarna merah gelap keunguan dan mudah berdarah.

2. Abses Gigi

Infeksi gigi berlubang dapat menyebabkan abses gigi. Penyakit ini memerlukan perawatan medis. Abses gigi adalah kantong berisi nanah yang menyakitkan yang terbentuk di akar gigi dan dapat menyebabkan pembengkakan, demam, dan kesulitan menelan.

3. Bau Mulut (Halitosis)

Lubang pada gigi merupakan tempat bakteri berkumpul dan menggerogoti enamel dan dentin. Terbentuknya lubang pada gigi tidak membuat nafas dan bau mulut.

Tetapi, bakteri yang tersangkut pada gigi berlubang dapat menyebabkan pembusukan. Bakteri penyebab kerusakan gigi menumpuk dan melepaskan gas bau busuk dari sisa makanan.

4. Sinusitis

Infeksi sinus bisa terjadi karena gigi berlubang yang terinfeksi. Akar gigi bagian atas sangat dekat dengan lapisan dan rongga sinus. Dalam beberapa kasus akar gigi bisa menembus dasar sinus.

Pada infeksi gigi parah, bakteri dari gigi menyebabkan tulang membusuk. Infeksi ini akan menyebar ke lapisan sinus dan menyebabkan sinusitis.

5. Gigi Tanggal

Infeksi akibat bakteri dapat menyebabkan pembusukan area gigi. Jika pembusukan meluas dapat melemahkan struktur gigi. Dengan begitu gigi rentan pada dan akhirnya perlu dicabut.

Demikian 5 penyakit yang timbul karena gigi berlubang.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut