get app
inews
Aa Read Next : TK Cahaya Hati Glagah Gelar Purna Siswa Dengan Sederhana, Ini Alasannya

Dishub Probolinggo Siagakan Petugas di Perlintasan KA Sebidang selama Arus Mudik dan Balik

Selasa, 25 April 2023 | 16:53 WIB
header img
Petugas Dishub saat berjaga di perlintasan KA sebidang (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo menyiagakan sejumlah petugas, untuk berjaga di perlintasan Kereta Api (KA) selama Mudik Lebaran hingga arus balik. Khususnya pada Perlintasan KA tanpa palang pintu mulai Kecamatan Leces, hingga Tongas.

Pada penjagaan yang dimulai sejak tanggal 17 April hingga 6 Mei 2023 itu, ada sebanyak 2 petugas yang akan bergantian jaga. Dengan 2 petugas lainnya, untuk berjaga di masing-masing perlintasan mulai pukul 06.00 WIB, hingga pukul 18.00 WIB. 

Kepala Dishub setempat, Taufik Alami melalui Kasi Pemeliharaan Sarana Prasarana, Asminanik mengatakan, penjagaan perlintasan kereta api sebidang oleh personil Dishub bertujuan mengurangi angka kecelakaan.

Seiring dengan banyaknya kendaraan saat arus mudik dan arus balik, yang melalui perlintasan kereta api. Terlebih jadwal KA yang mulai ditambah, untuk mengangkut para pemudik.

"Selain untuk keselamatan, penyiagaan personil untuk membantu masyarakat, agar bisa mudik dengan aman dan nyaman," terangnya, Selasa (25/4/2023).

Asminanik menjelaskan, kalau selama ini upaya Dishub menekan angka kecelakaan di perlintasan KA sudah maksimal. Seperti lewat pemasangan rambu peringatan, jadwal keberangkatan, dan pita kejut di setiap perlintasan KA.

Di Kabupaten Probolinggo sendiri total ada 47 perlintasan kereta api sebidang, yang dijaga oleh petugas Dishub selama mudik lebaran. Jika ada kereta api yang mau lewat, maka petugas akan maju di tengah, supaya mengamankan yang mau lewat. 

"Saat ini sudah ada 5 palang pintu manual, yang sudah dipasang. Diantaranya ; di Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih, Desa Curahtulis, Desa Bayeman dan Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas serta Desa Jorongan Kecamatan Leces," jelasnya.

Ia mengimbau masyarakat, untuk selalu berhati-hati ketika akan melewati perlintasan kereta api sebidang tanpa palang pintu, serta patuhi rambu-rambu yang sudah ada.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut