get app
inews
Aa Read Next : Mudik Jalur Laut Masih Terpantau, Polres Probolinggo Kota Perketat Keamanan

Yuk Tingkatkan Imunitas Saat Mudik, Coba 5 Cara Ini!

Senin, 17 April 2023 | 22:49 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Menjaga imunitas atau daya tahan tubuh merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari infeksi dan juga virus. 
 
Kepala Divisi Alergi Imunologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM, dr. Deshinta Putri Mulya, M.Sc., Sp.PD-KAI., FINASIM., menyebutkan manusia memiliki dua macam imunitas , yakni imunitas innate dan imunitas adaptif. Imunitas innate merupakan imunitas alamiah yang berperan sebagai sistem pertahanan tubuh yang pertama kali melawan semua kuman (antigen) yang masuk ke dalam tubuh. Sedangkan imunitas adaptif merupakan sistem pertahanan tubuh yang bersifat lebih spesifik yang muncul akibat adanya rangsangan patogen tertentu seperti flu, pneumonia dan lainnya.

Menjaga sistem kekebalan tubuh (imunitas) bagian dari kewajiban kita agar tetap bisa hidup sehat, apalagi saat mudikdi kampung halaman. Rasanya tentu tak menyenangkan jika malah sakit saat mudik lebaran.

Terdapat sejumlah cara untuk meningkatkan imunitas yang bisa Anda lakukan. Apa saja?

1. Istirahat cukup

Saat kita memiliki waktu istirahat yang cukup dengan idealnya sekitar 6/7 jam perhari, paling tidak bisa memulihkan badan kita dari segala aktivitas. Dalam sebuah penelitian pada 164 orang dewasa sehat, tidur kurang dari 6 jam setiap malam lebih mungkin terkena flu daripada yang tidur 6 jam atau lebih setiap malam.

"Kurang tidur dapat meningkatkan risiko sakit. Kebanyakan orang dewasa harus mendapatkan setidaknya 7 jam tidur per malam," keterangan Healthline.

2. Batasi asupan gula

Apabila kita banyak mengonsumsi gula tambahan, bisa memicu kelebihan berat badan dan obesitas, juga diabetes,dll. Mengingat bahwa obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung semuanya dapat melemahkan sistem kekebalan, membatasi gula tambahan adalah bagian penting dari diet penambah kekebalan tubuh.

 
3. Kelola stres

Perlu diketahui, stres dapat semakin melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit. "Beberapa riset menunjukkan bahwa seseorang yang berada di bawah tekanan berlebihan lebih mungkin untuk jatuh sakit," keterangan dalam Medical News Today.

Orang dengan sistem kekebalan yang lemah harus mengambil langkah-langkah untuk mengelola stres mereka. Praktik bisa dilakukan meliputi: yoga, meditasi, lakukan pijat, menghabiskan waktu mengejar hobi, tetap berhubungan dengan teman, kerabat, dan orang lain yang dapat memberikan dukungan.

4. Olahraga

 Olahraga teratur bisa membuat tubuh anda sehat. Selain menguatkan tubuh, juga bisa menyebabkan tubuh melepaskan hormon endorfin yang mengurangi tingkat stres.

Anda bisa memulainya dengan berjalan kaki, sebab dengan aktivitas fisik, jalan kaki santai selama 30 menit adalah ide bagus untuk meningkatkan metabolisme dan membakar beberapa inci dari lingkar pinggang anda.

"Salah satu manfaat terbesar dari olahraga adalah Anda mendapatkan banyak keuntungan untuk komposisi tubuh," kata Kerry Stewart, Ed.D, Direktur Fisiologi Klinis dan Penelitian di Johns Hopkins.

5. Makanan sehat

Konsumsi makanan sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas). Mengonsumsi sayur dan buah menjadi sumber berbagai vitamin, mineral dan serat.

Ada baiknya, jika Anda memilih makanan seperti buah dan sayur yang berwarna karena itu lebih banyak mengandung vitamin C dll. "Dengan vitamin C yang meningkatkan kekebalan, buah jeruk dapat membantu tubuh Anda mempertahankan diri dari infeksi tertentu," kata Lisa Moskovitz, RDN dan CEO The NY Nutrition Group dilansir dari Livestrong.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut