get app
inews
Aa Read Next : Mudik Jalur Laut Masih Terpantau, Polres Probolinggo Kota Perketat Keamanan

Inilah Obat-obatan Yang Wajib Dibawa Saat Mudik

Sabtu, 15 April 2023 | 12:16 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Mudik identik dengan perjalanan jauh yang begitu melelahkan. Namun rasa capek tersebut terbayar ketika sudah bertemu sanak saudara di kampung halaman. 

Tahukah kamu ketika kita melakukan perjalanan mudik ada beberapa hal penting yang wajib dibawa terutama obat. Karena di tengah perjalanan tidak menutup kemungkinan penyakit menyerang secara tiba-tiba.

Apalagi saat ini sudah banyak orang yang mulai mudik lebaran. Mereka tidak sabar ingin berjumpa dengan keluarga di rumah. Saat pulang kampung alias mudik, ada hal perlu diperhatikan yaitu persiapan obat-obatan.

Dr Ugi Sugiri, Sp.EM, Dokter Spesialis Darurat Medik mengatakan, masyarakat perlu membawa obat untuk mengantisipasi terjadinya sakit saat di perjalanan mudik. Dia menyarankan bisa membawa obat umum untuk sakit perut, pusing, mual, dan muntah.

 Apalagi cuaca sedang kurang bersahabat terkadang panas dan mendadak hujan, maka Anda atau anak bisa mengalami flu dan batuk. Sehingga perlu membawa obat flu dan tidak lupa obat sakit sedang diderita.

"Harusnya sih bawa obat yang biasa kita gunakan. Seperti obat sakit perut yaitu diare, terus obat mual dan muntah, terus obat flu dan batuk," ujar Dr Ugi.

Sehubungan dengan mudik, Ketua 3 Pengurus Pusat IDAI, Dr Bernie Endyarni Medise, SpA(K) mengimbau orangtua memperhatikan rasa nyaman. Mulai dari mempertimbangkan transportasi apa yang digunakan, apakah kendaraan pribadi atau umum.

Orangtua diminta membawakan selimut dan pakaian salin untuk anak-anak selama perjalanan mudik. Juga memastikan pakaian yang digunakan anak menyerap keringat.

"Kalau perjalanannya panjang dan kemungkinan menggunakan AC kita harus menyiapkan pakaian untuk suasana dingin seperti jaket, topi dan selimut. Kemudian juga baju yang digunakan harus nyaman menyerap keringat, tidak lupa bawa baju ganti," imbuhnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut