get app
inews
Aa Read Next : Tips Menikmati Akhir-akhir Bulan Ramadhan

5 Tips agar Tidak Mengantuk saat Puasa

Jum'at, 31 Maret 2023 | 12:33 WIB
header img
Tips agar tidak mengantuk saat puasa. Foto: ilustrasi

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Saat sedang menjalankan ibadah puasa selama Ramadan, sering kali tubuh terasa lemas dan bahkan mengalami rasa kantuk yang tak bisa dihindari. Meskipun demikian, umat Islam dianjurkan untuk tetap beraktivitas seperti biasa. 

Rasa kantuk selama puasa pun nyatanya bisa dicegah. Salah satunya dengan menerapkan gaya hidup holistik. Pola ini bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap bugar selama menjalankan ibadah puasa.

Rasa kantuk di tengah-tengah melakukan aktivitas sehari-hari ini, terkadang memang tak terhindarkan karena pola tidur dan pola hidup yang berubah selama bulan puasa. Berpuasa namun sangat mengantuk, tentunya sangat menganggu karena membuat diri jadi tak semangat dan bahkan lemas.

Lantas bagaimana cara mengatasi rasa mengantuk yang menyerang ketika berpuasa? Coba simak paparan tips mengusir kantuk saat puasa berikut ini, sebagaimana dihimpun Healthline,Verywell Health,danNews24, Jumat (31/3/2023).

1. Jauh-jauh dari kamar tidur: Jika kondisinya mendukung, beraktivitaslah misalnya belajar, bekerja, membaca, belajarlah di tempat lain. Jika memang bisa keluar rumah, cobalah ke perpustakaan, taman, atau area khusus yang cukup terang di rumah yang jauh dari kamar tidur.

2. Sempatkan tidur: Ya, boleh kok menyempatkan tidur sebentar jika memang tidak kuat menahan kantuk. Tapi ingat ya, tidak perlu lama-lama, karena sebetulnya menyempatkan tidur di sela-sela kegiatan sehari-hari ini, hanya butuh waktu sekitar 15 sampai 30 menit paling lama.

Tidur siang singkat selama 15 menit dapat membantu tubuh jadi lebih segar dan siap berkegiatan lagi.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut