get app
inews
Aa Read Next : Diduga Cabuli Balita, Warga Bantaran Probolinggo Bakal Dipolisikan

Bawaslu Jalin Kerja Sama Awasi Pemilu 2024

Rabu, 22 Juni 2022 | 14:50 WIB
header img
Bawaslu Kabupaten Probolinggo teken MoU dengan PC Ansor Kota Kraksaan dan Karang Taruna (foto:wahid/iNews.id)

PROBOLINGGO, iNews.id - Bawaslu Kabupaten Probolinggo dan PC GP Ansor Kota Kraksaan serta Karang Taruna Kabupaten Probolinggo menandatangani nota kesepahaman bersama (MoU) terkait pengawasan Pemilu Serentak 2024

MoU tersebut ditorehkan di gedung KPRI Pajarakan pada Selasa (21/06/22). Di sela-sela dialog politik bersama sejumlah organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) yang diselenggarakan oleh Bakesbangpol dan Bawaslu Kabupaten Probolinggo.

Ketua PC GP Ansor Kota Kraksaan, Zen Ubaidillah mengatakan, MoU itu bukan hanya sebatas kerjasama melainkan amanah. Yakni bagaimana berperan aktif dalam proses berdemokrasi. Sehingga masyarakat mampu memilih pemimpin dan wakil rakyat sesuai hari nurani, bukan karena faktor politik uang.

"Ini sebuah tantangan bagi kami. Bagaimana Ansor dan OKP lainnya aktif mengawasi. Meski tidak menjadi bagian formal penyelenggara pemilu," ujar Zen Ubaidillah.

Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Fathul Qorib mengatakan, Ansor sebagai salah satu OKP mempunyai kader yang tersebar di pelosok desa. Dengan sumberdaya manusia yang mumpuni, bakal mampu mengedukasi masyarakat untuk menciptakan demokrasi yang baik.

Demokrasi yang terbangun saat ini, kata Qorib, sudah diciderai politik uang (money politik). Baik pada pemilihan legislatif (Pileg ), pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

"Selain edukasi, Ansor dan Karang Taruna serta OKP lainnya juga kami ajak untuk melakukan pengawasan. Kami yakin pengawasan itu maksimal, karena Ansor dan Karang Taruna mempunyai kader atau anggota yang tersebar hingga pelosok desa," ucap Qorib.

Dilain sisi Rose sebagai perwakilan Karang Taruna Kabupaten Probolinggo berharap, dengan adanya MoU ini OKP bisa dilibatkan dalam agenda-agenda besar Bawaslu

"Kami berharap dengan adanya MoU ini OKP bisa dilibatkan di agenda Bawaslu dalam Pemilu Serentak 2024 yang akan datang baik sebagai pengawasan partisipatif atau bahkan bisa masuk di badan Ad Hoc" tukas Rose saat dikonfirmasi

"Kami juga berharap dengan bergabungnya para OKP ini bisa terbentuk Pemilu yang Aman, damai dan sesuai dengan amanah undang-undang yakni LUBERJURDIL" imbuhnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut