get app
inews
Aa Read Next : Kisah Ketulusan Hati Mak Iyah, Lansia 70 Tahun Ikhlas Bersihkan Masjid Setiap Hari tanpa Imbalan

Keren! Bupati Cup Lumajang Koi Show Diserbu Peserta Luar Kota

Minggu, 19 Juni 2022 | 20:06 WIB
header img

LUMAJANG, iNews.id - Sebanyak 1170 peserta dari berbagai kota dan kabupaten di Indonesia Mulai dari Kalimantan, Bali, Jogja, Jakarta dan kota kabupaten lainnya. Mengikuti ajang Bupati cup Lumajang Koi Show di gedung gor Wirabhakti Lumajang.

Ikan yang ikut dalam kontes koi ini mulai dari panjang delapan hingga enam puluh lima centi meter, menurut Handoko salah satu juri menjelaskan bahwa beberapa kreteria dalam penjurian antara lain adalah bodi ikan harus proporsional atau terpepedo, selanjutnya skin quality dari ikan harus tebal dan halus, patren atau corak warna pada ikan yang dilombakan harus mempunyai pola yang seimbang misalnya kanan dan kiri.

“Ada 25 varietas jenis ikan yang dilombakan dan di bagi menjadi 5 kelas yakni kelas A, B, C, D, dan E serta kualitas ikan yang di lombakan dari tahun ke tahun semakin meningkat termasuk peraih grand champion qualitasnya memang bagus body, skin dan patern nya bagus“ kata Handoko salah satu juri.

Dengan di gelarnya event Lumajang Koi Show ini, diharapkan bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat melalui sektor ikan hias jenis koi. Pasalnya, saat ini masyarakat Lumajang sudah mulai banyak yang memelihara ikan koi dan melakukan Budi daya. Selain itu, banyaknya peserta yang hadir dari berbagai kota di Indonesia diharapkan bisa mengenalkan koi Lumajang ke kancah internasional.

“Kami berharap event ini bisa lebih meng koi kan Lumajang, bisa menambah gairah dunia bisnis per koi an Lumajang, bisa meningkatkan animo masyarakat lumajang terhadap koi. Sehingga Lumajang lebih punya peran di dunia per koi an Indonesia, sehingga bisa meningkatkan penghasilan dari pedagang koi dan para pengusaha koi lainnya“ jelas Maria ketua Lumajang Koi Clup.

Sementara itu Wakil Bupati Lumajang Indah Masdar dalam sambutannya mengatakan, jika Lumajang memiliki kualitas air yang sangat bagus sehingga ikan koi dapat dengan mudah berkembang biak di Lumajang. Selain itu, banyaknya minat masyarakat Lumajang yang memelihara ikan koi di harapkan melalui event ini bisa mengenalkan koi Lumajang ke kancah internasional sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Bagusnya kualitas air di luamajang membuat ikan koi dengan mudah bisa hidup karena syarat utama pelihara koi adalah airnya harus bagus, saya punya mimpi kalau Lumajang bisa menjadi sentra koi Indonesia, oleh karena itu Lumajang Koi Show ini akan saya jadikan agenda tahunan“ kata Indah Wakil Bupati lumajang.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut