Teliti Penyakit Ternak Global, BRIN Kunjungi Probolinggo Untuk Dapatkan Sampel

Zainul Rifan
Proses penelitian oleh BRIN yang didampingi Dinas Pertanian (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo mendapat kunjungan dari  Pusat Riset Peternakan, Organisasi Riset Pertanian dan Pangan pada Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Kunjungan itu guna meneliti penyakit ternak global.

Kunjungan yang dilakukan pada Rabu (16/10/2024) itu berlangsung di Desa Binor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Dua peneliti ahli utama dan peneliti ahli muda, Dr. Tatan Kostaman dan Dr. Yenny Nur Anggraeni, turut terlibat.

Peneliti Ahli Muda Pusat Riset Peternakan, Organisasi Riset Pertanian dan Pangan pada BRIN Dr. Yenny Nur Anggraeni menjelaskan, penelitian itu dilakukan guna memehami lebih dalam tentang aspek pakan.

Termasuk aspek perkandangan dan ketahanan ternak terhadap penyakit, terutama di daerah tropis. Tentu hal tersebut sangat penting agar nantinya dapat melakukan mitigasi terhadap kerugian yang disebabkan oleh penyakit ternak.

"Jadi tujuan penelitian ini, kami ingin memahami lebih dalam tentang penyakit pada perternakan," katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo drh. Nikolas Nuryulianto mengatakan, selama survei, tim BRIN telah mengumpulkan informasi dari 17 responden mengenai jenis ternak.

"Termasuk pakan, model kandang, pembibitan, kesehatan, produksi ternak dan teknik pengolahan limbah. Insyallah penelitian berlanjut tanggal 18 Oktober 2024," ucapnya.

Ia berharap penelitian ini dapat meningkatkan kesejahteraan hewan serta memberikan wawasan yang lebih baik dalam penanganan kesehatan ternak di masa depan. Mengingat Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu daerah dengan populasi sapi 5 besar di Jawa Timur.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network