Janjikan Korban Masuk Kejaksaan Dengan Imbalan Uang, Jaksa Gadungan di Probolinggo Diamankan

Zainul Rifan
Terduga pelaku AM saat diinterogasi pihak kejaksaan (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo mengamankan seorang wanita berinisial AM, seorang pegawai kejaksaan gadungan yang meminta sejumlah uang kepada korban dengan iming-iming akan diterima di Kejaksaan RI tanpa tes.

Yang bersangkutan diamankan pada Jum'at (21/6/2024) malam di Desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo.

Kajari Kabupaten Probolinggo David Palapa Duarsa mengatakan pengamanan bermula saat pihaknya mendapat laporan tentang adanya seorang jaksa gadungan yang menjanjikan korban DAU masuk kejaksaan tanpa tes dengan syarat memberi uang senilai Rp 12 juta.

Ceritanya, sejak 2021 lalu, pelaku AM menghubungi orang tua DAU dengan mengaku sebagai pegawai Kejari Kabupaten Probolinggo. AM menawarkan kepada DAU untuk masuk kejaksaan tanpa tes hanya cukup membayar uang.

"DAU mengaku diminta uang Rp 12 juta, tapi hanya membayar Rp 7,3 juta. Uang itu diminta AM dengan alasan biaya pendaftaran dan seragam kejaksaan," katanya, Selasa (25/6/2024)

Selain DAU, terdapat pula dua orang korban yang merupakan saudara DAU turut tertarik dan memberikan uang kepada AM. Masing-masing memberi Rp 12 juta dan Rp 5,6 juta.

"Selanjutnya AM memberikan 1 seragam kejaksaan dan 2 seragam batik serta badge kepada korban," paparnya.

Untuk melancarkan aksinya tersebut, AM mengenakan seragam dinas kejaksaan lengkap dengan atributnya serta mengaku bekerja sebagai pegawai Kejari Kabupaten Probolinggo yang baru pindah dari Kejari Kabupaen Pasuruan.

"Setelah dilakukan penyelidikan kami berhasil mengamankan terduga pelaku beserta barang bukti seragam yang dipakainya," ucapnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network