Komitmen Pelayanan Haji di Jatim, Inovasi dan Kolaborasi dengan Layanan One Stop Service

Arif Ardliyanto
Inovasi dan Kolaborasi dengan Layanan One Stop Service yang dibuat Kemenkumham Jatim. Foto iNewsProbolinggo/kemenkumham

SURABAYA, iNewsProbolinggo.id - Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur, di bawah pimpinan Heni Yuwono, telah menegaskan komitmennya untuk memberikan dukungan penuh kepada 37.271 Calon Jamaah Haji (CJH) yang akan berangkat melalui Embarkasi/Debarkasi Surabaya. Dalam upaya meningkatkan pelayanan, instansi ini akan meluncurkan layanan one stop service di Asrama Haji Sukolilo.

"Layanan one stop service akan menjadi fokus utama kami di Asrama Haji Sukolilo," ungkap Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim, Herdaus, dalam acara pelantikan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Surabaya hari ini (3/5).

Herdaus, yang baru saja dilantik sebagai Wakil Ketua PPIH Embarkasi/Debarkasi Surabaya, menjelaskan bahwa layanan one stop service merupakan terobosan dalam pelayanan keimigrasian, terutama dalam mekanisme pemeriksaan imigrasi.

"Ini adalah langkah konkrit dalam mewujudkan whole of governance, di mana kami bekerja sama dengan berbagai instansi, khususnya Kanwil Kemenag Jatim, untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik," jelas Herdaus.

Pria asal Banten ini menambahkan bahwa Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya akan menyiapkan personel untuk memberikan layanan clearance paspor bagi CJH. Selain itu, sistem border control management juga akan diterapkan untuk memperlancar proses pemeriksaan paspor CJH yang akan dimulai pada 11 Mei 2023 hingga 22 Juli 2023.

Meskipun proses pemeriksaan tetap mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) Keimigrasian, Herdaus menegaskan bahwa pihaknya berusaha memberikan kemudahan khusus dalam proses pemeriksaan bagi para jamaah haji.

"Kami tidak hanya berperan dalam proses clearance, tetapi juga menjalankan kolaborasi dengan imigrasi Arab Saudi di Juanda untuk memastikan kelancaran proses," tambahnya.

Sementara itu, Herdaus menyatakan bahwa proses penerbitan paspor bagi CJH di Jawa Timur berjalan lancar. Selain itu, pihaknya juga memberikan layanan jemput bola di Kantor Kemenag di setiap kabupaten/kota.

"Dengan peningkatan jumlah jamaah haji dari tahun sebelumnya, kami akan mengoptimalkan petugas yang ada untuk memberikan pelayanan terbaik," tutup Herdaus.

Dari data yang diterima, sudah terbit sebanyak 27.527 paspor haji dari sembilan kantor imigrasi di Jatim, menandakan tidak ada lagi kendala terkait dokumen perjalanan bagi para CJH.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network