Ratusan Tanaman Tembakau Petani Tamansari Probolinggo Ditebang OTD, Merugi Jutaan Rupiah

Zainul Rifan
Suhartono saat meninjau tembakaunya yang ditebang orang (foto : iNewsProbolinggo.id/Rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Ratusan tanaman tembakau milik Suharto (51), warga Desa Tamansari, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo ditebang orang tak dikenal. Akibatnya, korban mengalami kerugian sekitar Rp 2,5 juta.

Suhartono mengatakan, kalau tanaman tembakau yang berlokasi di Desa Sumberlele, Kecamatan Kraksaan itu, diduga ditebang orang, pada Minggu (23/7/2023) dini hari. Karena sehari sebelumnya, Sabtu (22/7/2023), tanaman itu masih baik-baik saja.

Suhartono mendapati tanamannya yang sudah ditebang pada Minggu (23/7) pagi. Di mana saat itu Suhartono, hendak menyiram tanaman tembakaunya.

"Setiba di sawah saya kaget melihat tembakau saya sudah ada yang menebang,"ungkapnya, Senin (24/7/2023)

Ia menyebut, hingga saat ini tidak mengetahui maksud dan tujuan pelaku yang menebang tanaman tembakaunya itu. Sebab, ia sendiri tak merasa memiliki musuh atau berselisih paham dengan siapa pun.

"Tidak tahu siapa pelakunya. Saya ini, tidak pulang-pulang dari sawah, kok ditebang gini tembakau saya," ucapnya, kesal.

Suhartono menambahkan, jika total tanaman tembakaunya yang ditebang itu, mencapai sekitar 500 pohon. Dengan usia tanaman yang sudah mencapai sebulan lebih. Jika dijual, satu pohon diperkirakan akan laku senilai Rp 5 ribu.

"Jadi tinggal kalikan saja, kalau 5 ribu dikali 500, ya bisa mencapai Rp 2,5 juta," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Tamansari Abdul Hadi membenarkan peristiwa tersebut. Ia juga menduga, tembakau tersebut ditebang oleh orang tak dikenal pada Minggu (23/7/2023) dini hari.

"Benar milik warga kami, lokasinya di baratnya pemandian taman, pas di selatannya gapura desa," ujarnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network