Lezat dan Nikmat !! Ini 4 Mie Khas Batam yang Wajib Dicoba

Sulistiyowati
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Batam merupakan salah satu kota di Provinsi Riau yang sudah sangat terkenal. Kota ini berkembang dengan cepat sehingga terkenal hingga di berbagai macam negara.

Tempat wisata dan makanan khas Batam menjadi daya tarik tersendiri di kota ini.

Maka dari itu, tak heran jika Batam sering didatangi oleh para wisatawan. Beberapa wisatawan yang datang ke tempat ini juga banyak yang ingin berbelanja elektronika.

Sebab, Batam memang populer dengan pasar elektronika dengan harga yang lebih murah.

Tak hanya membeli barang elektronik saja, para pengunjung yang kesini biasanya banyak berburu makanan khas Batam yang memang sangat menggoda selera.

Terdapat bergam makanan khas Batam yang terkenal akan kelezatannya.

Batam juga dikenal sebagai kota yang dikenal dengan kemajuannya, bahkan disebut sebagai pintu masuknya menuju Singapura. Batam juga dikenal dengan aneka wisata kulinernya lho, termasuk mie khasnya.

Perpaduan budaya Indonesia, Melayu, dan Tiongkok menjadikan suatu perpaduan kuliner yang disajikan ke dalam makanan khas Batam yang sangat unik dan menggugah selera.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini empat mie khas Batam yang wajib dicoba. Rasanya lezat, nikmat dan membuat ketagihan.

1. Mie Sagu

Indonesia dikenal memiliki berbagai olahan mie, termasuk di Batam yaitu mie sagu namanya. Menjadi salah satu kuliner khas Batam yang wajib dicoba.

Mie sagu memiliki tekstur yang kenyal, ukurannya yang besar dan aroma khas-nya berasal dari aroma sagu yang pekat bercampur dengan bumbu dan rempah-rempah.

Kudapan satu ini biasanya disajikan bersama dengan taburan tauge, tambahan telur, bakso ikan, udang atau bahkan potongan ikan.

2. Mie Tarempa

Memang bukan kuliner khas Batam, namun mie Tarempa cukup laris dan selalu menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Batam.

Sekilas mirip dengan mie Aceh. Serta yang membuat nikmat adalah dengan citarasa yang kaya akan rempah-rempah dan berwarna kemerahan.

3. Mie Lendir

Dari namanya saja sudah terdengar absurd. Namun mi lendir ini jadi kuliner khas Batam yang bisa Anda coba saat datang ke kota ini.

Mie Lendir terbuat dari campuran antara mie kuning dan mie putih, yang dilengkapi dengan tauge, telur rebus, potongan cabai hijau, seledri, dan bawang goreng.

Kuahnya berwarna cokelat dan lebih kental, sehingga disebut dengan mie lendir. Kemudian rasanya yang manis, dan tekstur kentalnya berasal dari adanya campuran tepung kanji di dalamnya.

4. Mie Kacang Selate Panjang

Kemudian ada mie kacang Selat Panjang merupakan varian dari Mie Selat Panjang yang meminjam nama dari sebuah kabupaten di Riau, merupakan makanan olahan mi. khas Batam.

Keunikannya adalah ada pada kuahnya yang terbuat dari kaldu udang atau kuah kacang. Terbuat dari campuran kacang, santan, dan bumbu penyedap sebagai bahan pembuat kuahnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network