Inilah 20 Tempat Wisata Populer di Madiun 2023, Pas buat Libur Panjang Idul Adha

Sulistiyowati
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Tempat wisata di Madiun menyimpan segudang keindahan yang menjadi daya tarik memikat para wisatawan untuk berkunjung. Menyajikan banyak spot wisata menarik yang cocok untuk menemani waktu berlibur anda bersama orang tercinta.

Bicara tentang liburan, kegiatan satu ini telah menjadi rutinitas yang sering dilakukan menjelang akhir pekan atau hari libur panjang. Bukan sesuatu yang buruk, nyatanya liburan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental, terutama bagi para pekerja.

Mengulik 20 tempat wisata populer di Madiun 2023. Madiun merupakan kabupaten dan kota di Jawa Timur yang terkenal dengan pusat industri kereta api dan makanan khasnya, brem.

Madiun juga dikenal memiliki kekayaan alam yang besar sehingga daerah ini juga memiliki berbagai tempat wisata yang menarik.

Berikut 20 tempat wisata populer di Madiun 2023, cocok dikunjungi untuk mengisi libur panjang Idul Adha 1444 Hijriah :

Air Terjun Krecekan Denu

Air terjun Krecekan Denu berlokasi 20 km dari pusat Kota Madiun, tepatnya di Desa Kepel, Kecamatan Kare, Madiun. Ditempat ini, pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun setinggi 20 meter dengan suasana yang masih sangat asri dan terawat.

Air Terjun Seweru

Air Terjun Seweru berada di Desa Branjang, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Dengan berada di ketinggian 400 mdpl, suasana di tempat ini sangat sejuk dan menenangkan. Ditempat ini, pengunjung juga dapat berenang dan bermain air di kolam yang berada di bawah air terjun.

Waduk Kedungbrubus

Waduk Kedungbrubus berada di Dawuhan, Kecamatan Pilangkenceng, Madiun. Pada awalnya, waduk ini merupakan sarana irigasi yang kemudian juga bertambah fungsi menjadi tempat wisata. Ditempat ini, pengunjung dapat berswafoto dengan latar waduk yang indah.

Waduk Notopuro

Waduk Notopuro berlokasi di Desa Tulung, Kecamatan Saradan, Madiun. Ditempat ini, pengunjung dapat menikmati suasana waduk sembari melakukan berbagai aktivitas seperti jogging dan sepeda. Selain itu, tempat ini juga menyediakan pemancingan lengkap dengan penyewaan alat pancing.

Wisata Alam Grape

Wisata Alam Grape berada 15 km dari pusat kota, tepatnya berada di Kuwiran, Kecamatan Kare, Madiun.

Dengan luas lahan mencapai 1,5 hektar, di tempat ini, pengunjung dapat menikmati aktivitas alam seperti camping, panjat tebing, hingga air terjun.

Gunung Kendil

Gunung Kendil merupakan tempat latihan militer yang telah dialihfungsikan menjadi tempat wisata. Berada di Pilangrejo, Kecamatan Wungu, Madiun, sekilas tempat ini mirip dengan pemandangan di Santa Monica, Los Angeles.

Lebih dari itu, tempat ini juga memiliki arena balap motor dan mobil untuk bertanding.

Taman Bantaran Kali Madiun

Taman bantaran kali Madiun merupakan taman tidak terawat yang telah direnovasi oleh pemerintah.

Di taman ini terdapat beberapa gazebo yang cocok untuk bersantai menikmati sore. Taman ini berada di Pangongangan, Manguharjo, Madiun.

Brumbun Tubing Adventure

Brumbun Tubing Adventure merupakan tempat wisata yang menawarkan berbagai olahraga seru. Berlokasi di Desa Brumbun, Kecamatan Wungu, Madiun, ditempat ini, pengunjung dapat bermain tubing atau olahraga air lainnya dengan memanfaatkan derasnya arus sungai dari lereng Gunung Wilis.

Palang Mejayan

Palang Mejayan berada di Desa Mejayan, Kecamatan Madiun. Ditempat ini, pengunjung dapat mengunjungi situs sejarah Palang Mejayan yang meliputi berbagai arca kerajaan Jawa Kuno.

Masjid Kuno Kuncen

Sesuai namanya, Masjid Kuno Kuncen berada di Desa Kuncen, Kecamatan Taman, Madiun. Masjid ini telah berdiri sejak zaman pemerintahan Sultan Trenggono. Salah satu yang menjadikan masjid ini unik adalah arsitekturnya yang kental dengan kerajaan Demak berpadu dengan budaya hindu.

Taman Tirtonirmolo

Taman Tirtonirmolo berada di jalur Ngawi-Madiun. Ditempat ini, pengunjung dapat menikmati berbagai wahana air layaknya waterboom pada umumnya seperti kolam seluncur, kolam air mancur, dan sebagainya.

Gunung Wilis

Gunung Wilis merupakan salah satu gunung favorit untuk didaki di daerah Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 2.169 mdpl yang membuatnya tidak terlalu berat untuk didaki. Lebih dari itu, gunung ini juga memiliki pemandangan ilalang yang menjuntai mengelilingi gunung sehingga sangat indah untuk tempat berswafoto.

Taman Rekreasi Umbul

Taman rekreasi umbul merupakan objek wisata peninggalan Belanda berupa sumber mata air belerang yang hangat. Ditempat ini, pengunjung dapat menikmati terapi kesehatan dengan air belerang, melihat aneka satwa di kebun binatang mini yang disediakan, ataupun bermain air di waterboom yang ada. Taman ini berada di Kecamatan Dolopo, Madiun.

Air Terjun Kucur

Air terjun Kucur merupakan air terjun buatan untuk mengatasi bencana kekeringan. Meski begitu, keindahan 4 tingkat air terjun sangat cocok untuk menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari sambil bermain air ataupun menikmati kegiatan lain.

Hutan Pinus Nongko Ijo

Hutan Pinus Nongko Ijo berada di kaki Gunung Wilis. Ditempat ini, pengunjung dapat menikmati suasana sejuk dan damai di tengah rindangnya pepohonan pinus. Lebih dari itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan pertemuan sungai Juweh dan Sungai Catur.

Taman Kota Caruban

Taman Kota Caruban merupakan hasil renovasi dari Pasar Besar Caruban. Taman ini sangat asyik untuk dikunjungi pada sore hari untuk nongkrong bersama kawan-kawan sembari menikmati aneka jajanan yang dijual di sekitaran taman.

Situs Nglambangan

Situs Nglambangan merupakan tempat wisata sejarah peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Ditempat ini, pengunjung dapat melihat berbagai peninggalan kerajaan mulai dari Lumbung Selayur, Pura Lembangsari, serta Sumur dan Sendang Jambangan.

Sun City and Theme Park

Sun City and Theme Park merupakan perpaduan antara waterpark dan theme park. Ditempat ini, pengunjung dapat menikmati berbagai wahana seperti adventure land, ocean walk, jelly fish, dan lain sebagainya.

Wisata Alam Pesanggrahan

Wisata alam Pesanggrahan berada di sekitar lereng Gunung Wilis. Ditempat ini, pengunjung dapat menikmati keindahan kota Madiun dari atas ketinggian. Selain itu, tempat ini juga menyediakan berbagai fasilitas untuk bersantai dan berkemah.

Monumen Kresek

Monumen Kresek merupakan sebuah bangunan yang didirikan untuk mengenang pemberontakan G30S/PKI. Ditempat ini, pengunjung dapat belajar dan menyaksikan kisah kekejaman PKI di Madiun pada masa lampau. Selain itu, monumen ini juga memiliki berbagai spot foto yang sangat instagramable.

Itulah 20 tempat wisata populer di Madiun 2023.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network