Vietnam U-19 dan Thailand U-19 Diprediksi Tetap Tampil di Semifinal Piala AFF U-19 2022, Mengapa?

andie

JAKARTA, iNews.id - PSSI melalui ketua umum Mochamad Iriawan bakal mengajukan protes ke AFF perihal dugaan adanya praktik sepakbola gajah di matchday pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022 yang mempertemukan Vietnam U-19 vs Thailand U-19.

Hari ini PSSI rencananya bakal mengajukan protes ke AFF. Tak hanya melalui surat, PSSI juga menyertakan bukti video, saat pemain Vietnam dan Thailand tidak menunjukan azas fair play.

"Namun, PSSI juga melihat saat laga antara Thailand dan Vietnam ada sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya (fair play). Apakah pantas sebuah negara besar seperti itu melakukan hal itu. PSSI tidak menuduh, tetapi kita hanya mempertanyakan," kata Mochamad Iriawan mengutip dari laman resmi PSSI.

"Kalau mereka (Thailand vs Vietnam) mainnya benar, saya tidak masalah. Ini terlihat mereka main-main. Ini yang membuat kami terluka," lanjut pria yang biasa disapa Iwan Bule ini.

"Itu sebabnya saya akan mengirim surat protes resmi kepada AFF agar mereka melakukan investigasi melalui Komite Disiplin (Komdis) AFF. Apakah ada match fixing atau tidak. Kalau tidak terbukti ya tidak masalah. Saat ini banyak netizen yang meminta Indonesia keluar dari AFF karena mereka menganggap ada permainan," tegas Iwan Bule.

Jika surat PSSI langsung direspons AFF, keputusan tak bisa langsung diambil. Tim Komdis AFF membutuhkan waktu untuk melakukan penyelidikan.

Ketika Indonesia dan Thailand terbukti melakukan praktik sepakbola gajah di Piala AFF 1998. FIFA yang turun tangan menginvestigasi kasus tersebut tidak menjatuhkan hukuman ketika turnamen berlangsung.

FIFA baru memberikan hukuman ketika turnamen sudah rampung. Mursyid Effendi dilarang tampil di kompetisi sepakbola internasional seumur hidup, Indonesia dan Thailand dihukum denda USD40 ribu.

Vietnam U-19 dan Thailand U-19 pun diprediksi tetap tampil di semifinal Piala AFF U-19 2022. Semifinal Piala AFF U-19 2022 bakal dilangsungkan pada Rabu, 13 Juli 2022.

Dua laga semifinal Piala AFF U-19 2022 digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Laga Vietnam U-19 vs Malaysia U-19 digelar pukul 15.30 WIB, sedangkan Laos U-19 vs Thailand U-19 dilangsungkan pukul 20.00 WIB.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network