get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Luapkan Rasa Rindu ke Tanah Suci, Setelah Dua Tahun Ditutup Karena Covid - 19

Selasa, 22 Maret 2022 | 22:52 WIB
header img
47 Jamaah Umroh saat berziarah ke Makam Masyayih Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong

PROBOLINGGO, iNews.id - Sebanyak 47 Jamaah yang tergabung bersama Trevel An-Namiroh dan Rihlah Sa'idah bersama keluarganya ini tak kuasa menahan tangis haru setelah sekitar 2 tahun tidak bisa melaksanakan ibadah umroh karena pandemi Covid 19.

 

Sebelum berangkat, meraka langsung menuju makam masyayikh Pesantren Zainul Hasan Genggong yang tak jauh dari titik berkumpul puluhan jamaah ini.

 

Rombongan ini didampingi Kiai Ahsan Qomaruzzaman, Namun juga Kiai Moh. Hasan Maulana, Ning Gilva dan Ning Syifa juga melaksanakan umroh bersama.

 

Kiai Ahsan Qomaruzzaman atau yang lebih akrab dipanggil Nun Aka, merupakan Tour Leader dari jamah tersebut.

 

saat dikonfirmasi disela-sela kesibukan pemberangkatan umrohnya mengatakan, ada 47 jamaah sudah melakukan vaksinasi. Mereka dijadwalkan selama 13 hari di tanah suci.

 

Ia sangat bersyukur dengan dibukanya kembali umroh ke tanah suci Mekkah ini, setelah 2 tahun ditutup kerena pandemi Covid 19.

 

 "Alhamdulillah, kita para jamaah umroh bisa meluapkan rasa rindu pada tanah suci Mekah Madinah dan ziarah Astah Rasulullah," ungkapnya.

 

Ia juga berharap tidak hanya umroh, tapi juga ibadah haji juga sudah bisa dibuka kembali dengan kuota normal 200 ribu jamaah untuk Indonesia. "Kami berharap semoga jamaah haji juga dibuka secara normal," tuturnya.

 

Pihaknya juga menyarankan bagi masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah ke tanah suci agar memperbanyak memanjatkan do'a. Salah satu bacaan do'a setelah shalat isya' yang disarankan, "Allahumma cukupono, loberono, beras akeh, duwit akeh, kanggo ngaji, lungo haji, barokahe Nabi, Wali". 

 

Selain itu, ia juga menyarankan menyisihkan uang dengan cara menabung dan mendaftar umroh atau haji. "Menabung perbulan beberapa ratus ribu, insyaallah dimudahkan berangkat ke tanah suci," pungkasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut